✔ Silabus Kurikulum 2013 Sd/Mi Untuk Semua Mata Pelajaran


Ahli pendidikan Piaget membagi tahap perkembangan kognitif dalam 4 tahapan, ialah tahap sensorimotor, tahap pra-operasional, operasional konkret, dan operasional formal.  Usia sekolah dasar umumnya 7 hingga 12 tahun masuk pada tahap operasional aktual dimana anak belum bisa memahami masalah abstrak, segala sesuatu akan bermakna jika dikaitkan dengan objek aktual (nyata) yang mereka temui sehari-hari. 





Ahli




Untuk itu
pembelajaran yang cocok di SD memakai pendekatan tematik.  Pembelajaran tematik merupakan pendekatan
pembelajaran yang mengintegrasikan aneka macam kompetensi dari aneka macam mata
pelajaran dalam aneka macam tema.  Shoemaker
(1989) mendefinisikan kurikulum terintegrasi (tematik) sebagai “…pendidikan
yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga melintasi garis-garis batas mata
pelajaran, membawa bersama bermacam-macam aspek kurikulum ke dalam asosiasi yang
bermakna biar terfokus kepada bidang-bidang studi yang luas. Ia memandang
belajar dan mengajar secara holistik dan merefleksikan dunia nyata, yang
interaktif”.





Pembelajaran
dengan pendekatan tematik ini meliputi kompetensi mata pelajaran yaitu: PPKn,
Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya, dan
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Sedangkan mata
pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti tidak termasuk mata pelajaran dalam
tematik.  Pembelajaran tematik
dilaksanakan di semua kelas di SD baik di kelas I-III (kelas rendah) maupun
kelas IV–VI (kelas tinggi). Di kelas rendah belum ada mata pelajaran IPA dan
IPS yang bangun sendiri namun muatan IPA dan IPS diintegrasikan ke dalam mata
pelajaran bahasa Indonesia.





Integrasi kurikulum sebagai suatu pengelolaan
pembelajaran sekitar masalah dan info di masyarakat, sehingga diperlukan
kolaborasi oleh guru dan penerima didik tanpa memandang pada mata
pelajaran.  Pembelajaran tematik terpadu
merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan aneka macam kompetensi
dari aneka macam mata pelajaran ke dalam aneka macam tema. Penentuan tema yang
dijadikan sebagai wangsit besar dari pembelajaran yang menghubungkan konsep dan
kompetensi yang ingin dicapai oleh penerima didik.





Pendekatan ini
dimaksudkan biar penerima didik tidak mencar ilmu secara parsial sehingga
pembelajaran sanggup memperlihatkan makna yang utuh pada penerima didik menyerupai yang
tercermin pada aneka macam tema yang tersedia. 
Tema yang pilih sedapat mungkin didekatkan dengan hal-hal yang dialami
peserta didik.  Pembelajaran tematik
disusun menurut aneka macam proses integrasi ialah integrasi intradisipliner,
multi-disipliner inter-disipliner, dan trans-disipliner.





Silabus tematik
yang dikembangkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan merupakan suatu model,
satuan pendidikan sanggup berbagi silabus tematik dengan mengambil tema
yang diubahsuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan.  Satuan pendidikan juga sanggup langsung
menggunakan model silabus ini atau sanggup juga dengan mengadaptasi sesuai
karakteristik satuan pendidikan. Selain itu,
bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu dapat
menggunakan Silabus Mata Pelajaran di SD/MI yang terpisah dari dokumen ini.





Karakteristik Mata Pelajaran di SD





Kurikulum 2013
memiliki tujuan khusus untuk mempersiapkan generasi gres dan penerus bangsa
yang mempunyai kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman,
produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta bisa berkontribusi pada
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.  Untuk itu, perancangan kurikulum 2013 perlu
memperhatikan kebutuhan penerima didik ketika ini dan di masa depan yang dimasi
ditengah imbas globalisasi dan kemajemukan masyarakat Indonesia.





Memperhatikan
konteks global dan kemajemukan masyarakat Indonesia itu, misi dan orientasi
kurikulum 2013 diterjemahkan dalam praktik pendidikan dengan tujuan khusus agar
peserta didik mempunyai kompetensi yang diharapkan bagi kehidupan masyarakat di
masa sekarang dan di masa mendatang. Kompetensi yang dimaksud meliputi tiga
kompetensi, yaitu: (1) menguasai pengetahuan; (2) mempunyai keterampilan atau
kemampuan menerapkan pengetahuan; (3) menumbuhkan perilaku spiritual dan etika
sosial yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Kompetensi perilaku spiritual
dan perilaku sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) ialah keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran
serta kebutuhan dan kondisi penerima didik. Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi perilaku dilakukan sepanjang 
proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai
pertimbangan guru dalam berbagi abjad penerima didik lebih lanjut.





Silahkan unduh pada link berikut yang kami sediakan.





  • Silabus Tematik Terpadu Revisi 2017 Unduh DISINI
  • Silabus Tematik Terpadu Revisi 2016 Unduh DISINI
  • Silabus Mapel PAI (Pendidikan Agama Islam)  Unduh DISINI
  • Silabus Mapel PKn (Pendidikan Kewarganegaraan  Unduh DISINI
  • Silabus Mapel Mahasa Indonesia   Unduh DISINI
  • Silabus Mapel Matematika  Unduh DISINI
  • Silabus Mapel IPA (Ilmu Pengetahaun Alam)  Unduh DISINI
  • Silabus Mapel IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial Unduh DISINI
  • Silabus Mapel PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan  Unduh DISINI
  • Silabus Mapel BSdP (Seni Budaya dan Prakarya) Unduh DISINI

Belum ada Komentar untuk "✔ Silabus Kurikulum 2013 Sd/Mi Untuk Semua Mata Pelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel