✔ Kma Nomor 792 Tahun 2018 Perihal Aliran Kurikulum Ra


Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang menitikberatkan pada pertumbuhan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, emosi, dan spiritual), sosial emosional (sikap dan perilaku), pendidikan agama, bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahapan perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.





Pendidikan




Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan
mengenai tujuan, isi, . dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai
pedoman penyelenggaraan acara pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu (Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan
Nasional). Undang-Undang Sisdiknas menegaskan, kurikulum dikembangkan dengan
prinsip keragaman (diversi.fikasz) supaya memungkinkan pembiasaan program
pendidikan pada satuan pendidikan dengan kondisi dan kekhasan potensi yang ada
di kawasan dan kekhasan yang dikehendaki pada akseptor didik.





Raudhatul Athfal yakni bab dari layanan Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD) untuk usia 4 sarnpai dengan 6 tahun. Raudhatul Athfal yang
selanjutnya disingkat RA yakni satuan Pendidikan Anak Usia Dini formal di
bawah pelatihan Kementerian Agama Republik Indonesia. RA dalam
penyelenggaraannya sanggup berupa Raudhatul Athfal (RA), Bustanul Athfal (BA),
dan Tarbiyatul Athfal (TA). Penamaan tersebut diubahsuaikan dengan karakteristik
nomenklatur forum pendidikan usia dini dari setiap o’rganisasi . keagamaan
penyelenggara pendidikan usia dini.





RA sebagai satuan Pendidikan Anak Usia Dini berbasis Islam
di bawah pelatihan Kementerian Agama harus mempunyai perbedaan dengan pendidikan
anak usia dini secara umum. RA menitikberatkan pada aspek perkembangan anak,
transformasi, dan internalisasi nilai-nilai spiritual keislaman. Standar mutu
RA terletak pada nilai-nilai keagamaan yang menempel pada seluruh komponen RA,
antara lain pada pendidik, tenaga. kependidikan, orang tua, maupun lingkungan
yang kondusif.





Memperhatikan urgensi keberadaan RA pada pembentukan
karakter perkembangan anak, maka satuan pendidikan RA perlu berkembang dengan
baik. Untuk itu, RA tidak hanya sebagai forum pendidikan usia dini, tapi juga
sebagai embrio pendidikan watak generasi muda dan pengenalan nilai Islami pada
anak semenjak usia dini.





Memperhatikan nilai strategis RA dalam usaha pendidikan
anak bangsa, maka perlu disusun pedoman implementasi Kurikulum RA yang
menggambarkan kekhasan, keunikan, dan keragaman sebagai satuan pendidikan
keagamaan Islam.





Tujuan Pedoman Implementasi Kurikulum RA yaitu menjadi referensi ·pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di RA yang menitikberatkan pada pelayanan berkembangnya potensi a:nak sesuai fitrah dan selaras dengan nilai-nilai Islami supaya mempunyai kesiapan untuk menempuh pendidikan selanjutnya. Untuk Lebih Lengkapnya Silahkan Unduh disini


Belum ada Komentar untuk "✔ Kma Nomor 792 Tahun 2018 Perihal Aliran Kurikulum Ra"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel