✔ Panduan Evaluasi Formatif Pada Pembelajaran Kala Ke-21 Untuk Sd
Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad ke 21 ini disusun untuk memberi ilham kepada para pendidik SD dalam melaksanakan evaluasi formatif yang menyatu dengan pembelajaran yang disajikannya. Diharapkan pendidik sanggup mempelajari dan melaksanakan evaluasi formatif sehingga penguasaan kompetensi penerima didik tercapai.

Dalam literatur ada beberapa pengertian mengenai pembelajaran
abad ke-21. Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut sanggup disimpulkan bahwa
pembelajaran masa ke-21 ialah proses berguru mengajar yang berpusat pada peserta
didik dengan memakai teknologi informasi dan komunikasi dengan multi sumber
yang menempatkan penerima didik berperan aktif dalam pemerolehan kompetensi
(sikap, pengetahuan, dan keterampilan) dan kecakapan masa ke-21 serta literasi.
Pendidikan ketika ini bertujuan untuk menghasilkan insan
Indonesia yang cerdas dan berkarakter. Insan yang dimaksud ialah lulusan yang
memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang optimal sesuai dengan taraf
perkembangan dan jenjang pendidikan masing-masing. Selain itu, lulusan
diharapkan memperoleh kecakapan masa ke-21 yang bisa menimbulkan setiap insan
Indonesia hidup dalam tantangan masa ke-21 dan berkontribusi secara memadai
terhadap pengembangan peradaban dunia. Kecakapan-kecakapan yang dimaksud
mencakup kemampuan berfikir kritis dan memecahkan masalah, berinovasi dan
berkreasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi. Lebih jauh lulusan juga
ditargetkan mempunyai kemampuan literasi digital (literasi informasi, media,
dan teknologi) di samping kecakapan-kecakapan hidup lainnya seperti
fleksibilitas dan adaptabilitas, produktivitas dan akuntabilitas, dan
kepemimpinan serta tanggungjawab.
Tujuan-tujuan tersebut akan sanggup dicapai dengan efektif dan
efisien apabila proses pembelajaran dirancang dan dilaksanakan dengan baik. Pertama,
pendidik merancang pembelajaran menurut hasil analisis kebutuhan peserta
didik, contohnya kondisi awal penerima didik dalam hal pengetahuan, keterampilan,
dan sikap. Kedua, pendidik memfasilitasi penerima didik memperoleh
pengetahuan, keterampilan, dan perilaku melalui kegiatan pembelajaran aktif baik
di dalam maupun di luar kelas. Ketiga, pendidik gotong royong dengan
peserta didik, selama pelajaran berlangsung, memantau/mengecek perkembangan
penguasaan kompetensi penerima didik untuk mengetahui apakah setiap peserta
didik mencapai penguasaan/perkembangan sebagaimana yang diharapkan, dan apakah
proses pembelajaran perlu perbaikan (penyesuaian).
Apabila pemantauan kemajuan penguasaan kompetensi menunjukkan
bahwa setiap penerima didik telah mencapai kemajuan yang ditargetkan secara
optimal, proses pembelajaran sanggup dilanjutkan tanpa perlu adanya
perbaikan/penyesuaian. Apabila sebaliknya, pendidik perlu melaksanakan perbaikan
(penyesuaian) terhadap proses pembelajaran yang telah dirancang untuk
memastikan bahwa setiap penerima didik mencapai kemajuan yang maksimal. Kegiatan
pendidik (bersama-sama dengan penerima didik) memantau/mengecek kemajuan
penguasaan kompetensi yang diikuti dengan upaya perbaikan dan/atau penyesuaian
kegiatan pembelajaran untuk memfasilitasi setiap penerima didik mencapai
penguasaan yang dibutuhkan biasa disebut evaluasi formatif (formative
assessment) atau yang juga disebut evaluasi untuk pembelajaran (assessment
for learning).
Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk
Sekolah Dasar ini
secara ringkas diuraikan pembelajaran masa ke-21, konsep evaluasi formatif,
teknik dan contoh-contoh mudah evaluasi formatif, derma umpan balik pada
penilaian formatif, dan perencanaan pembelajaran dan penilaian.
Pembelajaran masa ke-21 menerapkan prinsip-prinsip
pembelajaran penerima didik aktif, antara lain: (1) pembelajaran dengan metode
ilmiah, (2) inquiry/discovery learning, (3) project-based learning, dan
(4) problem-based learning. Melalui keterlibatan secara aktif peserta
didik dalam aktivitas-aktivitas berguru pada langkah-langkah pembelajaran
metode-metode tersebut, sikap/nilai karakter, pengetahuan, keterampilan,
kecakapan masa ke-21, kecakapan literasi, dan kecakapan berfikir tingkat tinggi
akan otomatis diperoleh oleh penerima didik.
Untuk lebih lengkapnya mengenai Panduan Penilaian Formatif Pada Pembelajaran masa Ke-21 untuk SD yang meliputi Pembelajaran masa ke-21, Penilaian Formatif, Pelaksanaan Penilain Formatif, dan penilain umpan balik dalam penilain formatif, unduh DISINI
Belum ada Komentar untuk "✔ Panduan Evaluasi Formatif Pada Pembelajaran Kala Ke-21 Untuk Sd"
Posting Komentar