✔ Pemikiran Evaluasi Kinerja Atau Evaluasi Proyek


Penilaian kinerja/Proyek atau Performance Assesment merupakan bentuk evaluasi yang menuntut penerima didik mempraktikkan dan mengaplikasikan pengetahuan yang sudah dipelajari ke dalam banyak sekali macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Target pencapaian hasil mencar ilmu dalam evaluasi kinerja sanggup meliputi aspek-aspek: 1) pengetahuan; 2) praktik dan aplikasi pengetahuan; 3) kecakapan dalam banyak sekali jenis keterampilan komunikasi, visual, karya seni, dan lain-lain; 4) produk (hasil karya); dan 5) perilaku (berhubungan dengan perasaan, sikap, nilai, minat, motivasi). Makara dalam hal ini evaluasi kinerja sanggup mengukur kompetensi yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.





merupakan




Penilaian kinerja sering
disebut juga evaluasi otentik merupakan teknik evaluasi multi-dimensional
yang sanggup dilakukan dengan evaluasi tertulis,penilaian perbuatan, dan
penugasan. Penilaian kinerja menuntut penerima didik menciptakan sebuah produk
dan/atau mendemonstrasikan sebuah proses. Dengan demikian, evaluasi kinerja
menuntut penerima didik untuk melaksanakan acara menurut pengetahuan yang
dimilikinya, contohnya menciptakan laporan atau mempraktikkan bagaimana mengukur
suhu zat di laboratorium.





Penilaian dalam dunia
pendidikan merupakan proses pengumpulan, pengolahan, dan interpretasi informasi
hasil mencar ilmu penerima didik yang dipakai sebagai dasar untuk membuat
keputusan pendidikan. Penilaian kelas merupakan proses pengumpulan, pengolahan,
dan interpretasi informasi untuk menciptakan banyak sekali keputusan terkait
pembelajaran di tingkat kelas oleh guru. Penilaian kelas mempunyai kiprah sangat
penting untuk (a) menawarkan informasi awal sebelum pembelajaran dimulai
sehingga guru sanggup mendesain skenario pembelajaran dengan tepat; (b)
memberikan umpan balik bagi guru dan penerima didik untuk meningkatkan kualitas
proses pembelajaran; dan (c) menawarkan informasi ketercapaian tujuan
pembelajaran tertentu, contohnya menyimpulkan ketercapaian sebuah kompetensi
dasar pada mata pelajaran tertentu.





Agar evaluasi yang
dilakukan guru efektif dan bermakna, guru perlu (1) merumuskan target
pembelajaran yang akan dinilai dengan jelas, tegas, dan terukur; (2) memastikan
teknik evaluasi yang dipilih sesuai dengan setiap sasaran pembelajaran; (3)
memastikan teknik evaluasi yang dipakai sesuai dengan kebutuhan peserta
didik ketika ini dan nanti. Teknik evaluasi ketika ini harus mempunyai kontribusi
nyata terhadap pencapaian mutu lulusan yang mempunyai keterampilan berpikir
kritis dan kreatif, keterampilan berkomunikasi, dan keterampilan berkolaborasi.
Oleh alasannya yaitu itu evaluasi harus fokus mengukur kemampuan berpikir tingkat
tinggi dan mengukur kinerja penerima didik.





Penilaian kinerja
dilaksanakan dengan mengacu pada prinsip-prinsip: (1) merupakan bab yang
tidak terpisahkan dari proses pembelajaran; (2) mencerminkan dilema yang
dihadapi dalam kehidupan sehari-hari dan dilema dunia sekolah; (3) menggunakan
berbagai metode dan kriteria yang sesuai dengan karakteristik dan esensi
pengalaman belajar; (4) bersifat holistik yang meliputi semua aspek dari tujuan
pembelajaran (pengetahuan, keterampilan, dan sikap).





Walaupun penilaian
kinerja mempunyai keunggulan dalam menilai kemampuan penerima didik, ada beberapa
aspek yang perlu diperhatikan dalam pengembangan evaluasi kinerja, antara
lain:(1) tidak semua tujuan pembelajaran yang tercantum pada setiap kompetensi
dasar harus dinilai melalui evaluasi kinerja; (2) dalam penyusunan rubrik,
perlu diperhatikan kriteria dalam dukungan skor dan kualitas dari setiap
kriteria; dan (3) perlu diperhatikan waktu untuk mengerjakan dan memeriksa
tugas kinerja.





Pada panduan ini berisi Pengertian, Bentuk-bentuk evaluasi kinerja, pengembangan evaluasi kinerja, dan contoh-contoh evaluasi kinerja, untuk Lebih Lengkapnya Pedoman Penilaian Kinerja anda bisa mengunduhnya DISINI


Belum ada Komentar untuk "✔ Pemikiran Evaluasi Kinerja Atau Evaluasi Proyek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel