✔ Kurikulum Sebagai Landasan Pendidikan


Dalam dunia pendidikan tidak akan terlepas dari kurikulum. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas wacana apa itu kurikulum dan apa saja komponen yang menunjang dalam kurikulum itu sendiri. Kurikulum merupakan sebuah perangkat dari mata pelajaran dan juga kegiatan pendidikan yang diberikan oleh forum penyelenggara pendidikan yang isinya mengenai rancangan pelajaran yang akan diberikan pendidik kepada penerima didik dalam satu periode jenjang pendidikan. Kurikulum ini tidak sembarangan dibuat, namun diubahsuaikan pada keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan serta kebutuhan lapangan kerja.





Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya peranan kurikulum dalam pendidikan, maka dalam penyusunannya harus mengacu pada landasan yang kokoh dan kuat. Landasan pengembangan kurikulum tidak hanya diharapkan bagi para penyusun kurikulum (makro) atau kurikulum tertulis yang sering disebut juga sebagai kurikulum ideal, akan tetapi juga harus dipahami dan dijadikan dasar pertimbangan oleh para pelaksana kurikulum (mikro) yaitu para pengawas pendidikan dan para guru serta pihak-pihak lainnya yang terkait dengan tugas-tugas pengelolaan pendidikan, sebagai materi untuk dijadikan instrumen dalam melaksanakan training terhadap implementasi kurikulum di setiap jenis dan jenjang pendidikan. Dengan posisinya yang penting tersebut, maka penyusunan dan pengembangan kurikulum tidak bisa dilakukan secara sembarangan, akan tetapi harus didasarkan pada banyak sekali pertimbangan, atau landasan biar sanggup dijadikan dasar pijakan dalam menyelenggarakan proses pendidikan, sehingga sanggup memfasilitasi tercapainya tujuan pendidikan dan pembelajaran secara lebih efisien dan efektif.





Para jago mengemukakan pandangan yang beragam. Dalam pandangan klasik lebih menekankan kurikulum dipandang sebagai planning pembelajaran di suatu sekolah, pelajaran-pelajaran dan materi apa yang harus ditempuh di sekolah, itulah kurikulum. Dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003 wacana sistem pendidikan Nasional, pasa 1 butir 19 disebutkan bahwa: Kurikulum ialah seperangkat planning dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum berdasarkan Daniel Tanner dan Laurel Tanner, pengertian kurikulum ialah pengalaman pembelajaran yang terarah dan terjadwal secara terstruktur dan tersusun melalui proses rekontruksi pengetahuan dan pengalaman secara sistematis yang berada di bawah pengawasan forum pendidikan sehingga pelajar mempunyai motivasi dan minat belajar.





Mengenai pengertian kurikulum, banyak sekali pendapat-pendapat yang diungkapkan oleh para ahli. Kemudian berdasarkan Dr. H. Nana Sudjana Tahun (2005) Kurikulum merupakan niat impian yang dituangkan kedalam bentuk planning maupun kegiatan pendidikan yang dilaksanakan oleh para pendidik di sekolah. Kurikulum sebagai niat rencana, sedangkan pelaksaannya ialah proses berguru mengajar. Yang terlibat didalam proses tersebut yaitu pendidik dan penerima didik. Menurut Drs. Cece Wijaya, dkk mengartikan kurikulum dalam arti yang luas yakni mencakup keseluruhan kegiatan dan kehidupan didalam sekolah.





Sedangkan Hamid Hasan (1988) beropini bahwa konsep kurikulum bisa ditinjau dari 4 sudut yakni: 1) Kurikulum sebagai suatu ide; yang dihasilkan melalui teori-teori dan penelitian; 2) Sebagai suatu planning tertulis, yaitu sebagai perwujudan dari kurikulum sebagai suatu ide, didalamnya berisi wacana tujuan, materi ajar, aktifitas belajar, alat-alat atau media, dan waktu pembelajaran; 3) Sebagai suatu kegiatan, merupakan pelaksanaan dari kurikulum sebagai suatu planning tertulis yakni dalam bentuk praktek pembelajaran; 4) Sebagai suatu hasil, yaitu konsekwensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan, melalui ketercapaiannya tujuan kurikulum terhadap penerima didik.





Harsono (2005) mengungkapkan bahwa kurikulum ialah suatu gagasan pendidikan yang diekpresikan melalui praktik. Pengertian kurikulum dikala ini semakin berkembang, sehingga yang dimaksud dengan kurikulum itu tidak hanya sebagai gagasan pendidikan, namun seluruh kegiatan pembelajaran yang terjadwal dari institusi pendidikan nasional. Dan Prof. Dr. S. Nasution, M. A. menjelaskan kurikulum sebagai suatu planning yang disusun untuk melancarkan proses kegiatan berguru mengajar di bawah naungan, bimbingan tanggung jawab sekolah / forum pendidikan.





Jadi, kurikulum bahwasanya sangatlah penting dalam dunia pendidikan. Kurikulum merupakan sebuah perangkat dari mata pelajaran dan juga kegiatan pendidikan yang diberikan oleh forum penyelenggara pendidikan yang isinya mengenai rancangan pelajaran yang akan diberikan pendidik kepada penerima didik dalam satu periode jenjang pendidikan.by : Alma’atus Fahyuni


Belum ada Komentar untuk "✔ Kurikulum Sebagai Landasan Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel