✔ Juknis Evaluasi Hasil Mencar Ilmu Madrasah Tsanawiyah
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional pasal 3 menegaskan bahwa “Pendidikan Nasional berfungsi menyebarkan kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk menyebarkan potensi akseptor didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.”

Penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran pada Madrasah
Tsanawiyah (MTs) merujuk pada peraturan dari Pemerintah Republik Indonesia,
baik yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama maupun Kementerian Pendidikan
Nasional serta peraturan perundangan-undangan lainya yang relevan.
Dalam rangka implementasi kurikulum 2013 di madrasah, maka
Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyusun Petunjuk Teknis Penilaian Hasil
Belajar pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai salah satu panduan bagi pendidik
dan satuan pendidikan dalam melakukan evaluasi hasil berguru di madrasah.
Tujuan Penyusunan Petunjuk Teknis
Petunjuk teknis evaluasi hasil berguru ini disusun sebagai
panduan bagi pendidik dan satuan pendidikan dalam melakukan evaluasi hasil
belajar di madrasah semoga berjalan secara efektif dan efisien
Ruang Lingkup Petunjuk Teknis
Ruang lingkup Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar ini
meliputi konsep penilaian, evaluasi autentik, ketuntasan belajar, penilaian
oleh pendidik dan satuan pendidikan, evaluasi sikap, evaluasi pengetahuan dan
penilaian keterampilan, pemanfaatan dan pelaporan hasil belajar.
Sasaran Pengguna
Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar ini diperuntukkan
bagi:
- Guru sebagai rambu-rambu dalam merencanakan dan melakukan penilaian, mengolah hasil penilaian, memanfaatkan dan menindaklanjuti hasil penilaian, serta menciptakan laporan hasil berguru akseptor didik (rapor);
- Pihak madrasah sebagai rambu-rambu dalam merencanakan dan melakukan evaluasi simpulan dan ujian madrasah, mengolah hasil penilaian/ujian, memanfaatkan dan menindaklanjuti hasil penilaian/ujian;
- Kepala Madrasah sebagai salah satu materi untuk menyusun dan melakukan aktivitas pelatihan melalui supervisi akademik;
- Pengawas sebagai salah satu materi untuk menyusun dan melakukan aktivitas pelatihan melalui supervisi akademik; dan
- Orang renta dalam memahami sistem dan prosedur evaluasi serta laporan hasil berguru akseptor didik.
Juknis evaluasi hasil berguru untuk madrasah Tsanawiah menurut keputusan Dirjen 5162 tahun 2018
Untuk lebih lengkapnya Silahkan unduh DISINI
Untuk lebih lengkapnya Petunjuk Teknis ARD versi 2.0 unduh DISINI
Belum ada Komentar untuk "✔ Juknis Evaluasi Hasil Mencar Ilmu Madrasah Tsanawiyah"
Posting Komentar