✔ Pedoman Evaluasi Tes Tertulis Semua Mata Pelajaran


Pedoman Penyusunan/Penilaian Tes Tertulis Semua Mata Pelajaran; Penilaian hasil berguru penerima didik merupakan acara pengumpulan dan pengolahan warta hasil berguru penerima didik untuk mengetahui perkembangan pembelajaran dan menyimpulkan hasil pencapaian pembelajaran penerima didik.





Penilaian




Penilaian
hasil berguru penerima didik sanggup dilakukan oleh pemerintah, satuan pendidikan,
dan pendidik. Penilaian hasil berguru oleh pemerintah biasanya dilakukan dalam
bentuk tes terstandar baik dalam penyiapan materi tes, pelaksanaan tes, maupun
analisis dan pemanfaatan hasil tes. Penilaian hasil berguru oleh pemerintah
umumnya mengukur ketercapaian hasil berguru aspek pengetahuan dan menggunakan
bentuk soal yang secara teknis gampang untuk dilakukan penskoran contohnya bentuk
soal pilihan ganda.





Oleh
karena itu, penilaian hasil berguru yang dilakukan pemerintah belum mewakili
seluruh aspek yang dimiliki penerima didik yakni aspek pengetahuan,
keterampilan, dan sikap. Selain itu, penggunaan bentuk soal pilihan ganda belum
maksimal menggali kemampuan mendalam dan kemampuan mengungkapkan pengetahuan
peserta didik.





Penilaian
yang dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan dibutuhkan mengukur bukan
hanya aspek pengetahuan namun juga aspek perilaku dan keterampilan sehingga penilaian
yang dilakukan menjadi lebih komperehensif mencerminkan seluruh aspek kompetensi
peserta didik. Selain itu, dalam menilai aspek pengetahuan, pendidik diharapkan
menggunakan aneka macam bentuk dan teknik penilaian sehingga hasil penilaian pengetahuan
bisa lebih otentik dan bermakna. Untuk mengetahui perkembangan dan pencapaian
hasil pembelajaran, para pendidik dibutuhkan tidak hanya memakai tes





tertulis
namun juga memakai bentuk penilaian lain ibarat tes verbal dan enugasan.





Penggunaan
bentuk penilaian lain ini lebih sanggup mencerminkan perkembangan kemajuan dan
pencapaian hasil berguru siswa. Ketika memakai tes tertulis, pendidik
diharapkan tidak hanya memakai bentuk soal pilihan ganda namun sanggup juga
memperbanyak atau memfokuskan bentuk soal lain ibarat uraian sehingga bisa
mengukur keterampilan berpikir yang lebih tinggi ibarat menganalisis dan
mengevaluasi. Pemilihan bentuk tes tertulis hendaknya diubahsuaikan dengan
karakteristik pengetahuan, kognitif, konten, dan konteks yang ada dalam
kompetensi sesuai kurikulum yang berlaku serta prosedur penilaian.





Mekanisme
penilaian hasil berguru oleh pendidik meliputi:





  1. Perancangan seni administrasi penilaian oleh pendidik
    dilakukan pada ketika penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
    berdasarkan silabus. Dalam hal ini, termasuk penentuan bentuk penilaian yang
    sesuai dengan kompetensi dasar yang ada di dalam kurikulum.
  2. Penyusunan
    instrumen penilaian mengikuti langkah-langkah pengembangan instrumen yang
    standar ialah memilih tujuan, menyusun kisi-kisi, menyusun soal, analisis
    kualitatif, uji coba, dan analisis kuantitatif.
  3. Perakitan
    butir soal yang akan dipakai dalam penilaian sesuai dengan tujuan yang akan
    dicapai.
  4. Pelaksanaan
    penilaian oleh pendidik dan karenanya ditafsirkan sebagai materi laporan.
  5. Hasil
    penilaian pencapaian pengetahuan penerima didik disampaikan dalam bentuk angka
    dan/atau deskripsi.




Oleh sebab itu, panduan instrumen penilaian tes tertulis yang gampang dipahami. Panduan ini membahas langkah-langkah penyusunan instrumen tes tertulis yang dilengkapi dengan contoh-contoh soal sesuai kaidah dan level kognitif per jenjang pendidikan. Untruk lebih lengkapnya Berikut anda bisa unduh Pedoman Penilaian Tes tertulis Semua Mata Pelajaran sesuai panduan Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud 2019 DISINI





Adapun Pedoman Penulisan Soal HOTS Lengkap sesuai panduan Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud 2019 DISINI


Belum ada Komentar untuk "✔ Pedoman Evaluasi Tes Tertulis Semua Mata Pelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel