Terbaru Pola Rpp K13 Iman Etika Revisi 2018 Integrasi Ppk, Literasi, 4C Dan Hots

Contoh RPP K13 Akidah Akhlak Revisi 2018 Integrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS -- Kali ini saya akan share bagaimana pola RPP Kurikulum 2020 yang sudah terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS. RPP dengan penguatan pendidikan karakter, lalu siswa dituntut lebih religius, nasionalis, gotong royong, integritas. Lalu ada 4C artinya siswa dituntut harus lebih kreatif, berfikir kreatif, membiasakan kerjasama dan komunikatif dalam aktivitas berguru mengajar gotong royong sudah dilakukan oleh guru mata pelajaran. Namun untuk lebih menguatkan RPP maka huruf tersebut harus tertuang dalam aktivitas pendahuluan dan aktivitas inti RPP.
Untuk itu saya akan berikan pola mata pelajaran doktrin adat yang didalamnya sudah terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS.
Satuan Pendidikan | MTs Nurul Falah Kota Cimahi |
---|---|
Kelas/Semester | VII/1 |
Mata Pelajaran | Akidah Akhlak |
Topik | Akidah Islam |
Pertemuan ke | 1-3 |
Alokasi Waktu | 6 x 40 menit (3x pertemuan) |
- Menghargai dan menghayti aliran agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, toleransi, gotong royong, disiplin, santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkaungan pergaulan dalam keberadaanya.
- Memahami pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu dengan ilmu pengetahuan, teknoligi, seni, budaya, terkait fenomena bencana yang nyata.
- Mencoba mengolah dan menyajikan dalam ranah konkrit dan ranah aneh sesuai yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang dan teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar | Indikator |
---|---|
3.1 Memahami dalil, dasar dan tujuan doktrin Islam | 3.1.1 Menjelaskan Pengertian doktrin Islam |
3.1.2 Mengidentifikasi dalil perihal doktrin Islam | |
3.1.3 Menjelaskan Dasar dan Tujuan Akidah Islam | |
3.1.4 Menjelaskan korelasi unsur-unsur Akidah Islam (iman, ihsan dan Islam) | |
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran doktrin Islam | 4.1.1. Mengamati fakta dan fenomena kebenaran doktrin Islam. |
4.1.2.Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran doktrin Islam. |
Pertemuan ke-1
- Siswa sanggup menghayati nilai-nilai doktrin Islam
- Siswa sanggup menampilkan sikap yang mengimani doktrin Islam dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa sanggup memahami dalil dasar doktrin Islam
- Siswa sanggup memahami tujuan doktrin Islam
- Siswa sanggup memahami unsur-unsur doktrin islam yang mencakup iman ihsan dan islam
- Menghayati nilai-nilai doktrin Islam
- Mengamati dan menyajikan fakta fenomena kebenaran doktrin Islam
- Fakta: cerita Nabi Ibrahaim as dikala mencari Tuhannya
- Konsep: Pengertian doktrin Islam
- Prinsip: Dalil-dalil perihal doktrin Islam dan Dasar Akidah Islam berdasarkan al Alquran Hadits.
- Prosedur: Tujuan doktrin Islam, korelasi unsur-unsur doktrin Islam dan menyajikan fakta dan fenomena doktrin Islam
- Model: Discovery Learning
- Metode: Diskusi, Tanya jawab, Penugasan
- Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
Pendahuluan | Deskripsi | Waktu |
---|---|---|
PPK | (Penguatan Pendidikan Karakter/PPK) | 10 |
Mengucapkan salam, berdo’a, mengabsen dan mengkondisikan kelas. | ||
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif perihal hal-hal yang berkaitandengan materi Akidah Islamiyah yang diketahui penerima didik | ||
Peserta didik diberi klarifikasi perihal manfaat mempelajari doktrin Islambagi kehidupanyang akan dipelajari | ||
Guru memberikan tujuan pembelajaran | ||
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok | ||
Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran | ||
Kegiatan Inti | Deskripsi | |
*** Stimulation (stimulasi/pemberian rangsang) | Peserta didik memperhatikan dan merenungkan cerita Nabi Ibrohim a.s mencari yang kuasa dan pola gambar, video atau fenomena perihal kebenaran doktrin Islam yang ada pada rubrik “Amati dan Perhatikan”( Literasi) | 60 |
Peserta didik mendengarkan klarifikasi guru perihal cerita dan gambar yang diamati | ||
4C (creative, comunicative, critical thinking, colaboratifI) | Peserta didik menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenakanya hasil dari pengamatan pada kolom “Penasaran”. | |
Peserta didik bertanya jawab perihal pengertian doktrin Islam | ||
Peserta didik bertanya jawab perihal dalil doktrin Islam | ||
Peserta didik bertanya jawab perihal dasar-dasar doktrin Islam | ||
PPK | Peserta didik membaca materi/pemahaman konsep pada rubrik “Buka Cakrawalamu!” | |
Peserta didik mengidentifikasi pengertian doktrin Islam | ||
Peserta didik mengidentifikasi dalil doktrin Islam | ||
Peserta didik mengidentifikasi dasar-dasar doktrin Islam | ||
HOTS | Peserta didik melaksanakan aktivitas dalam rubrik “Kembangkan Wawasanmu!” | |
Peserta didik menyimpulkan pengertian doktrin Islam | ||
Peserta didik menuliskan dalil doktrin Islam | ||
Peserta didik menuliskan selesai perihal dasar-dasar doktrin Islam | ||
Peserta didik mengerjakan soal-soal pilihan ganda untuk menguatkan pemahaman konsep | ||
Peserta didik menjelaskan pengertian doktrin Islam | ||
Peserta didik menyebutkan dalil doktrin Islam | ||
Peserta didik menjelaskan dasar-dasar doktrin Islam | ||
Penutup | Guru menciptakan kesimpulan perihal materi ajar | 10 |
Guru mengadakan evaluasi. | ||
Guru menugaskan penerima didik mencari materi perihal doktrin Islam dari banyak sekali sumber (buku, majalah, internet, narasumber) sebagai refleksi. | ||
Guru menyebutkan materi yang akan dipelajari selanjutnya | ||
Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam. |
G. Alat dan Sumber Belajar
- Sumber: Buku Akidah Akhlak..........
- Media: Video, Slide dll
- Sikap: Observasi
- Pengetahuan: Kisi-kisi, Soal, Kunci Jawaban, Skor Tes Lisan dan Tulisan
- Keterampilan: Unit kerja Performance
- Contoh RPP Akidah Akhlak K13 Revisi 2018 Kelas 7
- Contoh RPP Akidah Akhlak K13 Revisi 2018 Kelas 8
- Contoh RPP Akidah Akhlak K13 Revisi 2018 Kelas 9
- Silabus Akidah Akhlak Revisi 2018 Kelas 7 (2 semester)
- Program Tahunan Akidah Akhlak Kelas 7 (2 semester)
- Program Semester Akidah Akhlak Kelas 7 (2 semester)
- Analisis Keterkaitan SKL, KD, KI Akidah Akhlak Kelas 7
Lengkapnya Silahkan unduh >>> DISINI <<<
Terbaru RPP Akidah Akhlak Kelas 7, 8 dan 9 Integrasi PPK, Literasi dan HOTS
Disini saya akan share RPP Kurikulum 2020 Akidah Akhlak MTs Kelas 7 revisi terbaru 2018. Sebenarnya tidak ada perubahan yang signifikan hanya ada beberapa kolom yang dirubah dan di satukan dalam satu bab.
>> RPP Akidah Akhlak Kelas VII
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 1. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 2. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 3. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 4. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 5. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 6. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 7. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 8. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 9. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 10. Download
>> RPP Akidah Akhlak Kelas VIII
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 1. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 2. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 3. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 4. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 5. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 6. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 7. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 8. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 9. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 10. Download
>> RPP Akidah Akhlak Kelas IX
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 1. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 2. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 3. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 4. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 5. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Genap Bab 6. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Genap Bab 7. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Genap Bab 8. Download
Nah itulah salah satu pola RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2020 revisi tahun 2018 dengan mengintegrasikan PPK, Literasi, 4C dan pembelajaran kurun 21 HOTS. RPP diatas mungkin masih banyak kekurangannya namun itulah sebagian kecil pola integrasi model pembelajaran kurun 21. Saya yakin model diatas sudah diterapkan oleh guru bidang study disekolah masing-masing.
Terima kasih supaya bermanfaat, aamiin.
untuk rpp aqidah kelas 8 ada tidak?
BalasHapus