✔ Kumpulan Rumus Excel
Pengertian Microsoft Excel
Microsoft
Excel yaitu
sebuah aplikasi spreadsheet yang telah dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem
operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan iOS. Di dalam Microsoft Excel terdapat
banyak banyak sekali macam fitur yang sanggup dipakai ibarat grafik, kalkulasi,
tabel dan lainnya.
Yang
menarik lagi dari Microsoft Excel ialah banyaknya fungsi – fungsi dan rumus –
rumus yang sanggup membantu menuntaskan pekerjaan atau kiprah dengan cepat.
Di dalam Microsoft
Excel juga mempunyai bnyak rumus dan fungsi, mulai dari yang pertama yaitu :
average/ mencari rata rata di excel , pengurangan, sum, vlookup, if, hingga
banyak lagi mencari persen di excel.
Program
Microsoft Excel sering juga disebut dengan spreadsheet (lembar kerja
elektronik) yang beroperasi di bawah sistem operasi windows.
Perhatian : Sebelum anda memulai memperaktekan rumus excel dibawah ini, pastikan
anda mengetahui terlebih dahulu tanda silicon (operator perhitungan) pada excel
kalian masing-masing.Terdapat 2 tanda operator pada excel yaitu :
- Tanda Koma (,)
- Tanda Titik Koma (;)
Untuk
mengetahuinya, anda sanggup melaksanakan beberapa rumus teladan untuk melihat tanda
silicon excel anda, Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :
Settingan Operator Excel
Catatan :
- Tanda silicon (operator perhitungan) pada
excel saya ialah tanda koma (,) - Maka untuk selanjutnya kita harus menggunakan
tanda tersebut disetiap ingin melaksanakan perhitungan
Ok kalau
sudah paham, maka simaklah beberapa rumus excel yang penting untuk anda gunakan
didunia kerja, berikut detailnya :
Rumus Excel
Rumus –
rumus excel mempunyai banyak banyak sekali macam, khusus untuk pembahasan kali ini
akan dibahas rumus excel untuk dunia kerja diantaranya ialah :
RUMUS EXCEL UNTUK DUNIA KERJA | |
RUMUS | KETERANGAN |
SUM | Menjumlahkan |
AVERAGE | Mencari Nilai Rata-Rata |
AND | Mencari Nilai dengan Perbandingan Dan |
NOT | Mencari Nilai Dengan Pengecualian |
OR | Mencari Nilai dengan Perbandingan Atau |
SINGLE IF | Mencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH |
MULTI IF | Mencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH Dengan Banyak Perbandingan |
AREAS | Menampilkan Jumlah Area (range atau sel) |
CHOOSE | Menampilkan Hasil Pilihan Berdasarkan Nomor Indeks |
HLOOKUP | Mencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar |
VLOOKUP | Mencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak |
MATCH | Menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan |
COUNTIF | Menghitung Jumlah Cell dalam Suatu Range dengan kriteria tertentu |
COUNTA | Menghitung Jumlah Cell Yang Terisi |
DAY | Mencari Nilai Hari |
MONTH | Mencari Nilai Bulan |
YEAR | Mencari Nilai Tahun |
DATE | Mendapatkan Nilai Tanggal |
LOWER | Merubah Huruf Teks Menjadi Huruf Kecil |
UPPER | Merubah Huruf Teks Menjadi Huruf Besar |
PROPER | Merubah Karakter Awal Teks Menjadi Huruf Besar |
Untuk lebih jelasnya perihal praktek rumus fungsi excel
diatas, maka simaklah klarifikasi dibawah ini beserta teladan dan langkah demi
langkah secara lengkap.
1. SUM
Rumus SUM
ini terdapat fungsi yang utama ialah untuk mencari penjumlahan atau
menjumlahkan, rumus SUM ini juga sering dipakai untuk menuntaskan pekerjaan
atau kiprah dengan cepat.
- Pertama, buatlah tabel
penjumlahan dan masukkan rumus sum berikut ini. Misal : =SUM(D2:E2)
Cara
Mencari Rumus SUM
- Kedua, bila sudah dimasukkan
rumus SUM tersebut lalu tekan enter dan akan mengetahui jumlahnya.
Hasil
Penjumlahan Rumus SUM
2. AVERAGE
Rumus
AVERAGE ini terdapat fungsi yang utama ialah untuk mencari nilai rata – rata
suatu variabel.
- Pertama, buatlah suatu tabel
untuk nilai – nilai siswa dan sehabis itu masukkan rumus AVERAGE untuk
mengetahui nilai rata – rata siswa. Misal : =AVERAGE(D2:F2)
- Kedua, bila sudah dimasukkan
rumus AVERAGE tersebut lalu tekan enter dan akan mengetahui hasilnya.
3. AND
Rumus AND
ini terdapat fungsi yang utama ialah Menghasilkan nilai TRUE bila semua
argumen yang di uji tersebut bernilai BENAR dan FALSE bila semua atau salah
satu argumen bernilai SALAH.
- Pertama, buatlah tabel dan
masukkan rumus AND untuk mengetahui TRUE atau FALSE. Misal : =AND(D2>G2)
- Kedua, bila rumus AND
tersebut sudah dimasukkan lalu tekan enter dan akan diketahui hasilnya
TRUE atau FALSE.
4. NOT
Rumus NOT
ini terdapat fungsi yang utama ialah kebalikan dari rumus AND yaitu
menghasilkan TRUE bila kondisi yang diuji SALAH dan FALSE bila yang diuji
BENAR.
- Pertama, buatlah tabel dan masukkan
rumus NOT untuk mengetahui hasilnya. Misal : =NOT(
- Kedua, bila rumus NOT
tersebut sudah dimasukkan lalu tekan enter dan akan diketahui
hasilnya.
5. OR
Fungsi
akan Menghasilkan TRUE bila beberapa argumen bernilai BENAR dan FALSE jika
semua argumen SALAH
- Contoh penulisan OR
- Hasil dari penulisan OR
6. SINGLE IF
Fungsi IF
akan mengembalikan sebuah nilai bila kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan
mengembalikan sebuah nilai lainnya bila kondisi yang dicek SALAH/FALSE. Fungsi
IF ialah salah satu rumus excel yang paling sering digunakan.
- Contoh penulisan IF
- Hasil rumus single IF
7. MULTI IF
Fungsi
hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi atau bisa
ditumpuk beberapa perintah.
- Contoh penulisan Rumus Multi
IF
- Hasil penulisan Rumus Multi
IF
8. AREAS
Fungsinya
adalah Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu acuan (alamat
sel atau range yang di sebutkan). Contoh masalah ibarat berikut
9. CHOOSE
Fungsi
CHOOSE ialah Menampilkan hasil pilihan menurut nomor indeks atau urutan
pada suatu acuan (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama
range.
- Penulisan Rumus CHOOSE
Penulisan
Rumus CHOOSE
- Hasil Rumus CHOOSE
Hasil
Rumus CHOOSE
10. HLOOKUP
Fungsi HLOOKUP
Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar.
syaratnya penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus menurut urutan
dari kecil ke besar /menaik.
Misalkan
; 1,2,3,4… ataupun karakter A-Z. Jika sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan
urutkan dengan hidangan Ascending. Contoh kasusnya ibarat dibawah ini.
rumus
hlookup
11. VLOOKUP
Fungsi
VLOOKUP ialah menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format
tegak atau vertikal. syaratnya penyusunan tabel data pada baris pertama harus
berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4… atau huruf
A-Z. Jika anda sebelumnya mengetik secara acak silhakan urutkan dengan menu
Ascending. Contoh kasusnya sebagai berikut :
rumus
vlookup
12. MATCH
Fungsi MATCH
adalah menampilkan posisi suatu alamat sel yang di menetapkan sebelumnya yang
terdapat dalam sekelompok data. Contoh kasusnya sebagai berikut :
rumus
match
13. COUNTIF
Fungsinya
COUNTIF ialah untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria
tertentu. Adapun rumus yang biasa dipakai ialah =COUNTIF(range;kriteria).
Rumus
COUNTIF
14. COUNTA
Fungsi
COUNTA ialah untuk jumlah cell yang terisi, Misal dalam sebuah table terdapat
12 kolom dan kita ingin mengetahui berapa kolom atau cell yang sudah terisi.
Contohnya
Rumus
COUNTA
15. Rumus DAY
Fungsi DAY
adalah dipakai untuk mencari hari (dalam angka 1-31) dari data type DATE.
Contohnya fungsi DAY (kolom B). data type DATE dikolom A diekstrak menghasilkan
angka 1-31 ibarat gambar dibawah ini.
Rumus DAY
16. Rumus MONTH
Fungsi
MONTH ialah dipakai untuk mencari bulan (dalam angka 1-12) dari data type
DATE. Contohnya penggunaan fungsi MONTH (kolom C) data type DATE kolom A
diekstrak menghasilkan angka 1-12 ibarat pada gambar dibawah ini.
Rumus
MONTH
17. Rumus YEAR
Fungsi
YEAR ialah dipakai untuk mencari tahun (dalam angka 1900-9999) dari data
type DATE. Contohnya fungsi YEAR (kolom D) data type DATE dikolom A diekstrak
menghasilkan angka 1900-9999 ibarat pada gambar dibawah ini.
Rumus
YEAR
18. Rumus DATE
Fungsi
DATE ialah dipakai untuk mendapat type data DATE dengan memasukan angka
tahun, bulan dan hari. Fungsi DATE kebalikan dari fungsi DAY, MONTH, dan YEAR
yang melaksanakan ekstraksi bulan dan tahun dari data type DATE.
Contohnya
fungsi DATE (kolom D) data year, month dan day dalam bentuk angka digabungkan
dengan fungsi DATE menghasilkan data dengan type DATE ibarat pada gambar
dibawah ini.
- Penulisan Rumus Date
Rumus
DATE
- Contoh karakteristik fungsi
DATE dihitung dari tanggal berapakan 4 tahun, 3 bulan, 12 hari setelah
tanggal 3 februari 1977? alhasil ialah 15 mei 1981
19. Rumus LOWER
Fungsi LOWER
adalah dipakai untuk mengubah semuah text yang berisikan karakter besar menjadi
huruf kecil semuah. Contoh LOWER(text)
20. Rumus UPPER
Fungsi
UPPER ialah dipakai untuk mengubah semuah text yang berisikan hufuf kecil
menjadi karakter besar semuah kebalikan dari fungsi LOWER. Contoh UPPER(text)
21. Rumus PROPER
Fungsi
PROPER ialah dipakai untuk mengubah karakter pertama semua kata menjadi
huruf besar dan sisahnya karakter kecil. Contoh PROPER(text)
Rumus
PROPER
Demikianlah
tadi pembahasan lengkap mengenai rumus excel yang sering dipakai untuk dunia
kerja beserta contohnya, Semoga bermanfaat…
Belum ada Komentar untuk "✔ Kumpulan Rumus Excel"
Posting Komentar