✔ Pola Rpp Terbaru Sesuai Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K13





Satuan Pendidikan              : SD/MI………………..





Kelas / Semester                 : 2 /1





Tema                                     : Hidup Rukun (Tema 1)





Sub Tema                             : Hidup Rukun di
Rumah (Sub Tema 1)





Pembelajaran ke                 : 1





Alokasi waktu                       :
1 Hari





Muatan Pelajaran                : B. indonesia (3.1, 4.1), Matematika (3.1, 4.1), SBdP (3.2, 4.2)





Pelaksanaan                        : ……………………..





A. TUJUAN





  1. Dengan diberikan teks dongeng wacana hidup rukun
    yang mengandung ungkapan, siswa sanggup menyebutkan ungkapan yang terdapat pada
    teks dongeng tersebut dengan tepat.
    1. Dengan diberikan teks percakapan wacana hidup rukun
      yang mengandung ungkapan, siswa sanggup mengucapkan ungkapan yang terdapat pada
      teks percakapan tersebut dengan tepat.
    1. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100,
      siswa sanggup menyatakan kumpulan objek dengan bilangan hingga dengan 999 dengan benar.
    1. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100,
      siswa sanggup membaca lambang bilangan hingga dengan 999 dengan tepat.
    1. Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup membedakan
      panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat.
    1. Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup menampilkan
      panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat.




B. KEGIATAN PEMBELAJARAN Kegiatan Pendahuluan





  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan
    kabar dan mengecek kehadiran siswa
    1. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah
      seorang siswa. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
    1. Menyanyikan lagu
      Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya
      . Guru memperlihatkan penguatan
      tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
    1. Pembiasaan membaca/ menulis/
      mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit bahan non pelajaran Sebelum
      membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan
      literasi




Kegiatan Pendahuluan





Ayo Mengamati





  • Siswa menyimak
    teks dongeng pada Buku Siswa yang dibacakan guru.
  • Ketika guru
    membaca teks, hendaknya guru memberi pemfokusan pada kalimat yang memakai ungkapan.
  • Contoh ungkapan
    pada teks tersebut ialah oleh-oleh dan buah
    hati.
  • Siswa menyebutkan
    ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)




Ayo Berlatih





  • Siswa membaca
    kalimat yang terdapat pada teks percakapan.
  • Siswa bersama
    dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku.
  • Siswa diberi
    keleluasaan untuk menyusun kalimat menurut teks dongeng yang sudah dibacanya.




(Creatiivity and Innovation)





Ayo Berlatih





  • Siswa berlatih
    menyatakan bilangan cacah memakai gambar alat peraga kubus. Alat peraga
    yang lain, contohnya kancing baju atau stik es
    krim sanggup dipakai untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka.
  • Siswa mengerjakan
    soal wacana bilangan cacah dengan tiga angka. Guru sanggup menambahkan soal latihan.
  • Siswa membaca
    bilangan cacah hingga 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca
    bilangan cacah hingga 999 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah
    teliti. Hasil pengamatan perilaku dituliskan di dalam jurnal.




(Critical Thinking and Problem Formulation)





Kegiatan
Bersama Orang Tua





  • Pemahaman mengenai bilangan cacah hingga 999 dipelajari kembali oleh siswa di rumah
  • . Orang bau tanah membantu siswa menyebut bilangan-bilangan yang ada di sekitar rumah.




Kegiatan Penutup





  1. Siswa mapu mengemukan hasil berguru hari ini
  2. Guru memperlihatkan penguatan dan kesimpulan




3. Menyanyikan salah satu lagu tempat untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.





  • Salam dan do’a epilog di pimpin oleh salah satu siswa.




C. PENILAIAN





Penilaian Sikap : Observasi selama
kegiatan berlangsung





Penilaian Pengetahuan





a. Menjawab pertanyaan mulut wacana tata cara
memperkenalkan diri yang benar.





Penilaian
Keterampilan





Mengetahui
Kepala Sekolah    
………………………..
NIP. ………………….
Surabaya,………………………… 2020
Guru kelas    
…………………………
NIP. …………………….

Belum ada Komentar untuk "✔ Pola Rpp Terbaru Sesuai Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel