✔ Buku Anutan Evaluasi Harian Kurikulum 2013 Revisi 2018


Buku Penilaian Harian Kurikulum 2013 Revisi 2018, format aplikasi evaluasi harian k13 revisi kelas 1,2,3,4 5 dan 6 dalam bentuk excel ini sengaja kami bagikan untuk rekan-rekan guru sekolah dasar, namun demikian format evaluasi harian ini tidak lah ideal bila tak di sesuaikan rekan guru.





dalam




Buku
Penilaian Harian Kurikulum 2013
Revisi 2018.Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian
merupakan komponen penting dalam aktivitas pembelajaran. Komponen tersebut
saling terkait antara satu dengan yang lain. Kurikulum sebagai seperangkat
rencana meliputi tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan aktivitas pembelajaran untuk mencapai tujuan
pembelajaran tertentu.





Format Buku Penilaian Harian Kurikulum 2013





Berdasarkan
fungsinya, evaluasi sering dibedakan dalam dua kelompok ialah penilaian
formatif dan sumatif. Penilaian formatif berfungsi untuk memberi umpan balik
terhadap kemajuan berguru penerima didik, memperbaiki proses pengajaran atau
pembelajaran dalam rangka meningkatkan pemahaman atau prestasi berguru peserta
didik. Penilaian sumatif berungsi untuk menilai pencapaian siswa pada suatu
periode waktu tertentu. Pada perkembangan terakhir evaluasi dibedakan dalam
tiga kelompok, ialah assessment of learning, assessment for learning, dan
assessment as learning.





Assessment
as learning, merupakan evaluasi yang menekankan pada keterlibatan peserta
didik untuk secara aktif berpikir mengenai proses berguru dan hasil belajarnya
sehingga berubah menjadi pembelajar yang dapat bangkit diatas kaki sendiri (independent learner).
Konsep evaluasi tersebut muncul menurut inspirasi bahwa berguru tidak hanya
transfer pengetahuan dari seorang yang lebih mengetahui terhadap yang belum
mengetahui, tetapi lebih merupakan proses pengolahan kognitif yang aktif yang
terjadi dikala seseorang berinteraksi dengan ide-ide baru.









Lingkup evaluasi hasil berguru penerima didik pada
pendidikan dasar dan pendidikan menengah meliputi aspek sikap, aspek
pengetahuan, dan aspek keterampilan. Penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan
keterampilan dilakukan oleh pendidik. Penilaian aspek sikap oleh pendidik
dilakukan untuk memperoleh isu deskriptif mengenai sikap peserta
didik, dan pengadministrasian pelaporan kepada pihak terkait dilakukan oleh
satuan pendidikan. Penilaian aspek pengetahuan dan aspek keterampilan dilakukan
oleh satuan pendidikan.





Download Buku Penilaian Harian Kurikulum 2013





Kenaikan
kelas penerima didik ditetapkan melalui rapat dewan guru dengan mempertimbangkan
berbagai aspek yang telah disepakati oleh seluruh warga satuan pendidikan,
seperti minimal kehadiran, ketaatan pada tata tertib, dan peraturan lainnya
yang berlaku di satuan pendidikan tersebut. Peserta didik dinyatakan tidak naik
kelas apabila hasil berguru dari paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran pada
kompetensi pengetahuan keterampilan belum tuntas dan/atau sikap belum baik.






Belum ada Komentar untuk "✔ Buku Anutan Evaluasi Harian Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel