✔ Teladan Rpp 1 Lembar Untuk Sma/Smk/Ma Sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2019


RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)





Sekolah                                        :  SMA





Mata Pelajaran                             :  EKONOMI





Kelas/Semester                             :  XII IPS/ 2





Materi Pokok                               :  Karakteristik Perusahaan Dagang





Alokasi Waktu                             :  4 JP x 45 menit (2 pertemuan)





  1. Tujuan Pembelajaran




Setelah mengkaji berbagai
sumber belajar, melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran Problem Based Learning with Summary Card akseptor didik sanggup menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada
perusahaan dagang dan menciptakan laporan keuangan
pada perusahaan dagang dengan mengembangkan
sikap kemandirian, jujur,  penuh tanggung jawab, bekerja keras dan
bekerja sama.





  1. Langkah-langkah Pembelajaran





Tahap/Sintaks

Langkah-langkah
pembelajaran


Alokasi waktu

 

PENDAHULUAN

15
menit

 

Melalui tampilan video ekonomi
wacana perusahaan dagang diberi pertanyaan awal apakah perbedaan perusahaan
jasa dan dagang? transaksi apa sajakah yang terjadi di perusahaan dagang?

 

 

KEGIATAN INTI

150
menit

Mengorientasikan akseptor didik terhadap masalah

Peserta didik mencermati sajian problem di LPKD dengan berkelompok
dengan diajukan pertanyaan pengarah untuk
mendorong akseptor didik memprediksi atau mengajukan dugaan (hipotesis)

 

Mengorganisasi akseptor didik
untuk belajar
 

Peserta didik diorganisasikan untuk mencar ilmu dalam
bentuk diskusi kelompok kecil, dijelaskan lebih rinci alternatif-alternatif
seni administrasi untuk menyelesaikan
problem yang ditentukan di LKPD melalui penyusunan Summary Card
:

Kelompok 1 Karakteristik Perusahaan Dagang
Kelompok 2 Transaksi Perusahaan Dagang
Kelompok 3 Akun-akun pada Perusahaan Dagang

 

Membimbing
penyelidikan individual maupun kelompok
 

Peserta didik dibimbing untuk memeriksa melalui aneka macam informasi
dan refernsi dari media . Pengumpulan isu data diklasifikasikan dan
dianalisis untuk pemecahan masalah.

 

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Setiap kelompok mempresentasikan hasil dari Summary Card, kelompok yang lain menanggapi.

 

Menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
 

Peserta didik mengkritisi hasil Summary
Card
dengan menganalisis dan mengevaluasinya serta memperlihatkan kesimpulan
wacana Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang.

 

 

PENUTUP

15
menit

 

Peserta didik sanggup menganalisis dan
menyimpulkan ciri-ciri perusahaan dagang dengan karakteristiknya melalui
diskusi kelompok dan dari aneka macam sumber media isu yang ada,
mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari

 




  1. PenilaianPenilaian Sikap       : Observasi dan Jurnal dengan
    instrument sikapPengetahuan            : Tes Tertulis (PG dan
    Uraian) dan Penugasan
  2. Keterampilan          : Praktek LKPD dan Produk




Mengetahui                                                     …………………………..                 





Kepala
SMA,                                                  Guru
Mata Pelajaran,





……………………………….                       ………………………..


Belum ada Komentar untuk "✔ Teladan Rpp 1 Lembar Untuk Sma/Smk/Ma Sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel