✔ Pola Rpp Sd/Mi Sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2019 Versi 1


Berikut Contoh RPP 1 Lembar sesuai Permendikbud No 14 tahun 2019 Versi 1





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K13





Satuan Pendidikan            : Sekolah
Dasar





Kelas / Semester               :  2 /1





Tema                                  :  Hidup Rukun (Tema 1)





Sub Tema                          :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1) Pembelajaran ke                :  1





Alokasi waktu                     :  1 Hari





Muatan Pelajaran               : B. indonesia (3.1, 4.1),
Matematika (3.1,
4.1), SBdP (3.2, 4.2)





Pelaksanaan                      : ……………………..





A.   TUJUAN





1.    Dengan diberikan teks dongeng wacana hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa sanggup menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks
cerita tersebut dengan tepat.





2.    Dengan diberikan teks percakapan wacana hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa sanggup mengucapkan ungkapan
yang
terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.





3.    Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa sanggup menyatakan kumpulan objek dengan bilangan hingga dengan





999 dengan benar.





4.    Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa sanggup membaca lambang bilangan
sampai dengan 999 dengan tepat.





5.    Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat
membedakan panjang pendek
bunyi pada lagu anak dengan tepat.





6.    Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup menampilkan panjang pendek suara pada lagu anak
dengan tepat.





B.   KEGIATAN
 PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan





1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa





2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (Menghargai
kedisiplikan
siswa/PPK).





3.    Menyanyikan
 lagu  Garuda  Pancasila  atau  lagu  nasional  lainnya.  Guru  memberikan
 penguatan  tentang
 pentingnya
menanamkan semangat Nasionalisme.





4.    Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit bahan non pelajaran Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan
literasi





Kegiatan
Pendahuluan





Ayo Mengamati





    Siswa menyimak
teks dongeng pada Buku Siswa yang dibacakan guru.





    Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi pementingan pada kalimat
yang
menggunakan ungkapan.





    Contoh ungkapan pada teks
tersebut yaitu oleh-oleh dan buah hati.





    Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks
cerita. (Mandiri)





Ayo Berlatih





    Siswa membaca kalimat yang terdapat
pada teks percakapan.





    Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat
pada buku.





    Siswa diberi keleluasaan untuk
menyusun kalimat
berdasarkan teks dongeng yang sudah dibacanya.





(Creatiivity and
Innovation)





Ayo Berlatih





        Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah memakai gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain,
misalnya kancing
baju atau stik es krim
dapat dipakai untuk
lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka.





    Siswa mengerjakan soal wacana bilangan
cacah dengan tiga angka.
Guru sanggup menambahkan soal latihan.





    Siswa  membaca bilangan cacah hingga 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah sampai





999 (Rubrik
Penilaian 2). Sikap yang diamati yaitu teliti. Hasil pengamatan perilaku dituliskan di dalam jurnal.





(Critical Thinking
and Problem Formulation)





Kegiatan Bersama Orang Tua





        Pemahaman mengenai bilangan
cacah hingga 999 dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang bau tanah guru memantau pembelajaran





    . Orang bau tanah membantu siswa menyebut bilangan-bilangan yang ada di sekitar rumah.





Kegiatan
Penutup





1.    Siswa mapu mengemukan hasil mencar ilmu hari ini





2.    Guru menunjukkan penguatan dan kesimpulan





3.    Menyanyikan
salah satu lagu kawasan untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.





4.    Salam
dan do’a epilog di pimpin oleh salah satu siswa.





C.   PENILAIAN





Penilaian
Sikap :
Observasi selama aktivitas berlangsung





Penilaian
Pengetahuan





a. Menjawab pertanyaan ekspresi wacana tata cara memperkenalkan diri yang benar.





Penilaian Keterampilan










Mengetahui Kepala Sekolah

……………………..
Guru Kelas,

………………

Belum ada Komentar untuk "✔ Pola Rpp Sd/Mi Sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2019 Versi 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel