✔ Pola Rpp Satu Lembar Matematika Smp Mts Tahun 2020 Sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2019


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi komponen penting dalam
perangkat pembelajaran guru.





Guru wajib menyusun RPP semoga pembelajaran
lebih terarah dalam mencapai tujuan sesuai indikator yang dikembangkan.





Secara khusus, RPP dikembangkan dari silabus untuk
mengarahkan pembelajaran semoga mencapai Kompetensi Dasar secara efektif.





Kebijakan gres terkait penyusunan RPP telah
dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.





Kebijakan gres tersebut berupa penyederhanaan
RPP
, dengan mempertimbangkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada
peserta didik.





Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan
tepat dan tidak banyak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif artinya
penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.





Sedangkan berorientasi pada Peserta Didik berarti
penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan
kebutuhan berguru akseptor didik di kelas.





Kebiakan penyederhanaan RPP tersebut dimantapkan
dengan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang
Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 





Pertimbangan penyederhanaan RPP ini adalah
guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga
banyak menghabiskan waktu yang seharusnya sanggup lebih difokuskan untuk
mempersiapkan





Terdapat 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah
diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan semua komponen tersebut harus
ada dalam penyusunan RPP.





Dengan adanya penyederhanaan RPP ini, maka
guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan memakai RPP sesuai prinsip
efisien, efektif, dan berorientasi pada akseptor didik.





Terdapat 3 (tiga) omponen inti dalam penyederhanaan
RPP sesuai edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, yaitu tujuan pembelajaran,
langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran (assesment).
Komponen lainnya dalam penyusunan RPP bersifat sebagai pelengkap.





1. Tujuan Pembelajaran





Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada
Kurikulum 2013 dan kebutuhan berguru akseptor didik.





Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil
belajar yang diperlukan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar.





Tujuan pembelajaran dibentuk menurut Kompetensi
Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.





2. Langkah-langkah Pembelajaran





Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif
berupa acara yang sanggup secara eksklusif mencapai Kompetensi Dasar.





Meskipun demikian, acara pembelajaran tetap
dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan
memotivasi akseptor didik.





Di dalam acara pembelajaran, akseptor didik
diajak untuk berpartisipasi aktif, menawarkan ruang yang cukup bagi
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik
serta psikologisnya.





3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)





Prosedur evaluasi pembelajaran juga dibentuk secara
sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan
mengacu kepada standar penilaian.





Dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini,
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sanggup saja dibentuk hanya satu halaman,
karena penyederhaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.





Guru yang sudah menciptakan RPP dengan format yang
mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016
tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah tetap sanggup menggunakan
format RPP yang sudah dibentuk sebelumnya.





Guru juga sanggup memodifikasi format RPP yang sudah
dibuat sesuai dengan prinsip terbatu dalam penyusunan RPP (efektif, efisien,
dan berorientasi pada akseptor didik_.





Contoh RPP Satu Lembar Matematika
SMP MTs Tahun 2020





Berikut ini admin bagikan contoh RPP satu lembar
Matematika Sekolah Menengah Pertama MTs tahun 2020
menurut Surat Edaran Mendikbud Nomor 14
tahun 2019.





Bapak/Ibu Guru sanggup berbagi sendiri RPP satu
lembar tersebut dengan berpedoman pada prinsip-prinsip pengembangan RPP
terbaru, yaitu efektif, efisien, dan berorientasi pada akseptor didik.





Contoh RPP Satu lembar Matematika kelas VII Sekolah Menengah Pertama MTs





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)





Satuan
Pendidikan : SMP

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas / Semester : VII / Ganjil

Materi Pokok : Bilangan Bulat dan Pecahan

Alokasi Waktu : 400 Menit





A. Tujuan Pembelajaran





1.
Membandingkan aneka macam jenis bilangan bundar dan pecahan.





2.
Mengurutkan aneka macam jenis bilangan bundar dan pecahan.





3.
Menerapkan operasi hitung bilangan bundar dan pecahan dengan





4.
Memanfaatkan aneka macam sifat operasi.





5.
Menggunakan pola dan generalisasi untuk menuntaskan masalah.





B. Kegiatan Pembelajaran





  1. Mengajukan
    pertanyaan-pertanyaan wacana materi yang sudah pernah di dapatkan

    terkait dengan materi yang akan di pelajari.
  2. Memotivasi
    akseptor didik dengan cara menginformasikan kepada akseptor didik pentingnya
    materi Bilangan Bulat dan Pecahanyang akan dipelajari dalam kegiatan
    sehari-hari.
  3. Peserta
    didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian
    contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari
    media interaktif, dsb

    yang bekerjasama dengan Bilangan Bulat dan Pecahan.
  4. Peserta
    didik diberikan beberapa pertanyaan mengenai Bilangan Bulat dan Pecahan
    untuk ditemukan pemecahannya.
  5. Peserta
    didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan
    problem terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber
    internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan
    Mengasosiasi)
  6. Peserta
    didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai perjuangan setiap

    anggota kelompok Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
  7. Peserta
    didik bertukar buku/bahan acuan dalam menuntaskan kegiatan
    kelompoknya (Mengomunikasikan)
  8. Menuliskan
    balasan atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibentuk sebelumnya
    berdasasrkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)
  9. Peserta
    didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara
    menyampaikan

    hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan)
  10. Peserta
    didik lainnya mendengarkan dan menawarkan tanggapan (Mengamati dan
    Menanya)
  11. Peserta
    didik melaksanakan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi
    yang ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi)
  12. Peserta
    didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu
    diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan)




C. Penilaian





1. Tes Tertulis





Di antara operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian, manakah yang hasil operasinya tertutup (menghasilkan
bilangan bundar juga)? Jelaskan.





2. Tes Praktik





Menyelesaikan problem sehari-hari yang berkaitan
dengan urutan beberapa bilangan bundar dan pecahan (biasa, campuran, desimal,
persen).





Mengetahui,
Kepala Sekolah



,..………………………………
NIP. …………………………
…….., ………………………………
Guru Mata Pelajaran



,..………………………………
NIP. …………………………








Contoh RPP Satu lembar Matematika Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama MTs





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)





Satuan
Pendidikan : SMP

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas / Semester : VIII / Ganjil

Materi Pokok : Pola Bilangan

Alokasi Waktu : 160 Menit





A. Tujuan Pembelajaran





  1. Menentukan suku selanjutnya
    dari suatu barisan bilangan dengan cara menggeneralisasi pola bilangan
    sebelumnya
  2. Menggeneralisasi pola
    bilangan menjadi suatu persamaan
  3. Mengenal macam-macam pola
    bilangan




B. Kegiatan Pembelajaran





  1. Mengajukan
    pertanyaan-pertanyaan wacana materi yang sudah pernah di dapatkan terkait
    dengan materi yang akan di pelajari.
  2. Memotivasi
    akseptor didik dengan cara menginformasikan kepada akseptor didik pentingnya
    materi Pola Bilangan yang akan dipelajari dalam acara sehari-hari.
  3. Peserta
    didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian
    contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari
    media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan Pola Bilangan.
  4. Peserta
    didik diberikan beberapa pertanyaan mengenai Pola Bilangan untuk ditemukan

    pemecahannya.
  5. Peserta
    didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan
    problem terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber
    internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi).
  6. Peserta
    didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai perjuangan setiap
    anggota kelompok Mengeksplorasi dan Mengasosiasi).
  7. Peserta
    didik bertukar buku/bahan acuan dalam menuntaskan kegiatan
    kelompoknya (Mengomunikasikan).
  8. Menuliskan
    balasan atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibentuk sebelumnya
    berdasasrkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan).
  9. Peserta
    didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara
    memberikan hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan).
  10. Peserta
    didik lainnya mendengarkan dan menawarkan tanggapan (Mengamati dan
    Menanya)
  11. Peserta
    didik melaksanakan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi
    yang

    ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi).
  12. Peserta
    didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu
    diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan).




C. Penilaian





  • Tes Tertulis




Temukan
dua suku berikutnya dari pola barisan berikut 5, 11, 23, 47, …





Mengetahui,
Kepala Sekolah


,..………………………………
NIP. …………………………
……., ………………………………
Guru Mata Pelajaran


,..………………………………
NIP. …………………………








Contoh RPP satu lembar Sekolah Menengah Pertama MTs tahun 2020 lainnya sanggup di unduh pada link berikut. (dalam proses)





  • Contoh RPP Satu Lembar IPA Sekolah Menengah Pertama MTs Tahun 2020 (Disini)
  • Contoh RPP Satu Lembar IPS Sekolah Menengah Pertama MTs Tahun 2020 (Disini)
  • Contoh RPP Satu Lembar PKn Sekolah Menengah Pertama MTs Tahun 2020 (Disini)
  • Contoh RPP Satu Lembar Seni Budaya Sekolah Menengah Pertama MTs Tahun 2020 (Disini)
  • Contoh RPP Satu Lembar Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama MTs Tahun 2020 (Disini)
  • Contoh RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama MTs Tahun 2020 (Disini)

Belum ada Komentar untuk "✔ Pola Rpp Satu Lembar Matematika Smp Mts Tahun 2020 Sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel