✔ Pola Rpp 1 Lembar Untuk Smp/Mts Sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2019
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Materi Pokok : Sistem Reproduksi Pada Manusia
Sub Materi : Pembelahan Sel ( Mitosis dan Meiosis)
Kelas : IX/Ganjil
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
kegiatan pembelajaran memakai model Problem Based Learning yang dipadukan
dengan metode mind mapping, teknik
ATM, dan pendekatan saintifik, penerima didik diperlukan dapat:
- Mendeskripsikan fase-fase pembelahan mitosis dan meiosis.
- Menjelaskan ciri setiap fase pembelahan mitosis dan meiosis.
- Menjelaskan abjad atau sifat sel anakan hasil
pembelahan mitosis dan meiosis.
dengan rasa
rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap
jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai sikap
responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta bisa berkomukasi
dan berafiliasi dengan baik.
- LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke 1 ( 2 X 40 Menit = 80 Menit) |
PENDAHULUAN (10 Menit) |
Orientasi | Penguatan Pendidikan Karakter Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, menilik kehadiran penerima didik sebagai perilaku disiplin |
Apersepsi | Mengaitkan bahan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik terhadap bahan sebelumnya, mengingatkan kembali bahan dengan bertanya. A- guru menceritakan bahwa pada awalnya insan hanya berasa! dari satu sel (zigot). Sel tersebut selanjutnya mengalami pembelahan secara terus-menerus, sehingga pada ketika insan telah dewasa, jumlah seluruh sel yang ada di dalam tubuhnya sekitar 200 triliun. Berdasarkan pernyataan tersebut, kemudian penerima didik diminta untuk menjelaskan satu atasan mengapa set mengalami pembelahan? |
Motivasi | Guru memberikan topik wacana Pembelahan Mitosis dan Meiosis . namun sebelum mengkaji lebih lanjut wacana topik itu, secara khusus guru mengadakan sesi perkenalan. |
Pemberian Acuan | Memberitahukan tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung |
KEGIATAN INTI (60 Menit) | |
Orientasi Peserta Didik Kepada Masalah | Literasi Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada Pembelahan .Mitosis dan .Meiosis melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Membaca 4- Peserta didik membaca bahan Pembelahan Mitosis dan .Meiosis Mengamati 4- Peserta didik sanggup mencermati Gambar 1.2 dan 1.3 Fase-fase pembelahan mitosis dan Meiosis Siswa diminta untuk mengamati dan menganalisis gambar tersebut dan mengaitkannya dengan hasil bacaan mereka dan menuliskan hasil pengamatannya. |
Mengorganisasikan Peserta Didik | Critical Thinking (Berpikir Kritis): Guru memberikan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi ataupun gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar Misalnya : 4 Mengapa pada pembentukan sel kelamin melalui proses pembelahan meiosis? 4- Sebutkan ciri-ciri yang terjadi pada setiap fase pembelahan |
Membimbing Penyelidikan Individu Dan Kelompok | Collaboration (Kerja Sama): Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk mempraktikan, mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi wacana Pembelahan Mitosis dan Meiosis4 Peserta didik mendiskusikan isi pokok yang ditemukan tentang ase-fase pembelahan mitosis, sifat atau abjad hasil anakan yang dihasilkan dari pembelahan mitosis, dan kawasan terjadinya pembelahan mitosis. |
Mengembangkan Dan Menyajikan Hasil Karya | Communication (Komunikasi) Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan wacana Pembelahan Mitosis dan Meiosis dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan,.Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain. |
Menganalisa Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah | Creativity (Kreativitas) Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan wacana Pembelahan Mitosis dan MeiosisPeserta didik bertanya wacana hal yang belum dipahami atau guru memberikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan bahan yang akan selesai dipelajari |
PENUTUP (10 Menit) | |
Peserta Didik | Siswa melaksanakan refleksi wacana pelaksanaan pembelajaran dan pelajaran apa yang diperoleh sesudah mencar ilmu wacana topik Pembelahan Mitosis dan Meiosis Membuat ringkasan dengan bimbingan guru tentang hal-hal penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan. |
Guru | Melakukan PenilaianMemberikan kiprah kepada penerima didik (PR), dan mengingatkan penerima didik untuk mempelajari bahan yang akan dibahas dipertemuan berikutnya maupun mempersiapkan diri menghadapi tes penilaian simpulan di pertemuan berikutnyaMenutup acara mencar ilmu mengajar dengan berdoa |
Tes Tertulis : Fase-fase pembelahan
mitosis, sifat atau abjad hasil anakan yang dihasilkan dari pembelahan
mitosis, dan kawasan terjadinya pembelahan mitosis.
Praktik
Praktik
Mengetahui Kepala SMP/MTs ……………… | Guru Mata Pelajaran ……………………………… |
Belum ada Komentar untuk "✔ Pola Rpp 1 Lembar Untuk Smp/Mts Sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2019"
Posting Komentar