✔ Pola Rpp 1 Lembar Untuk Smp/Mts Sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2019


Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama





Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam





Materi Pokok : Sistem Reproduksi Pada Manusia





Sub Materi : Pembelahan Sel ( Mitosis dan Meiosis)





Kelas : IX/Ganjil





Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit





  1. TUJUAN PEMBELAJARAN




Melalui
kegiatan pembelajaran memakai model Problem Based Learning yang dipadukan
dengan metode mind mapping, teknik
ATM, dan pendekatan saintifik, penerima didik diperlukan dapat:





  • Mendeskripsikan fase-fase pembelahan mitosis dan meiosis.
    • Menjelaskan ciri setiap fase pembelahan mitosis dan meiosis.
    • Menjelaskan abjad atau sifat sel anakan hasil
      pembelahan mitosis dan meiosis.




dengan rasa
rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap
jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai sikap
responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta bisa berkomukasi
dan berafiliasi dengan baik.





  • LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN




Pertemuan Ke 1 ( 2 X 40 Menit = 80 Menit)
PENDAHULUAN (10 Menit)





 
Orientasi

Penguatan
Pendidikan Karakter

Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran,
menilik kehadiran penerima didik sebagai
perilaku disiplin
Apersepsi
Mengaitkan bahan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman penerima didik terhadap bahan sebelumnya, mengingatkan kembali bahan dengan bertanya.
A- guru menceritakan bahwa pada awalnya insan hanya berasa!
dari satu sel (zigot). Sel tersebut selanjutnya mengalami pembelahan secara
terus-menerus, sehingga pada ketika insan telah dewasa, jumlah seluruh sel
yang ada di dalam

tubuhnya
sekitar 200 triliun. Berdasarkan pernyataan tersebut, kemudian penerima didik
diminta untuk menjelaskan satu atasan mengapa set mengalami pembelahan?


Motivasi

Guru
memberikan topik wacana Pembelahan Mitosis dan Meiosis . namun
sebelum mengkaji lebih lanjut wacana topik itu,
secara khusus guru mengadakan sesi perkenalan.
Pemberian Acuan
 
Memberitahukan
tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator,
dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung
KEGIATAN INTI (60 Menit)
Orientasi        Peserta Didik              Kepada Masalah
Literasi
Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada Pembelahan .Mitosis dan .Meiosis melalui pendekatan saintifik (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)
Membaca
4- Peserta
didik membaca bahan Pembelahan Mitosis dan .Meiosis

Mengamati
4- Peserta
didik sanggup mencermati Gambar 1.2 dan 1.3 Fase-fase pembelahan mitosis dan
Meiosis

Siswa diminta untuk mengamati dan menganalisis
gambar tersebut dan mengaitkannya dengan hasil bacaan mereka dan menuliskan hasil pengamatannya.
Mengorganisasikan Peserta Didik
Critical
Thinking (Berpikir Kritis):

Guru memberikan
kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan materi
ataupun gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui
acara belajar
Misalnya
:
4 Mengapa
pada pembentukan sel kelamin melalui proses pembelahan meiosis?

4- Sebutkan ciri-ciri yang terjadi pada
setiap fase pembelahan

Membimbing Penyelidikan Individu Dan Kelompok
Collaboration
(Kerja Sama):

Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok
untuk mempraktikan, mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar
informasi wacana Pembelahan Mitosis dan
Meiosis
4 Peserta didik mendiskusikan isi pokok yang ditemukan tentang
ase-fase pembelahan mitosis, sifat atau abjad hasil anakan yang dihasilkan
dari pembelahan mitosis, dan kawasan terjadinya pembelahan mitosis.


Mengembangkan       Dan Menyajikan        Hasil Karya
 
Communication
(Komunikasi)

Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi  yang  dilakukan wacana Pembelahan
Mitosis dan Meiosis
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan,.Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan
terhadap hasil presentasi kelompok lain.

Menganalisa            Mengevaluasi         Proses Pemecahan Masalah
Creativity
(Kreativitas)

Guru dan Peserta didik menarik  sebuah kesimpulan  wacana point-point penting yang muncul
dalam acara pembelajaran  yang gres dilakukan wacana Pembelahan
Mitosis dan Meiosis
Peserta didik bertanya wacana hal yang belum
dipahami atau guru memberikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan bahan yang akan
selesai dipelajari

PENUTUP (10 Menit)
Peserta Didik
Siswa melaksanakan refleksi wacana pelaksanaan
pembelajaran dan pelajaran apa yang diperoleh sesudah mencar ilmu wacana topik
Pembelahan
Mitosis dan Meiosis

Membuat ringkasan dengan bimbingan guru tentang
hal-hal penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.
Guru
Melakukan PenilaianMemberikan kiprah kepada penerima didik (PR), dan
mengingatkan penerima didik untuk mempelajari bahan yang akan dibahas dipertemuan berikutnya maupun
mempersiapkan diri menghadapi tes penilaian simpulan di pertemuan berikutnyaMenutup acara mencar ilmu mengajar dengan berdoa






Tes Tertulis : Fase-fase pembelahan
mitosis, sifat atau abjad hasil anakan yang dihasilkan dari pembelahan
mitosis, dan kawasan terjadinya pembelahan mitosis.





Praktik





Praktik





Mengetahui Kepala SMP/MTs

………………
Guru Mata Pelajaran

………………………………

Belum ada Komentar untuk "✔ Pola Rpp 1 Lembar Untuk Smp/Mts Sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel