✔ Pola Rpp 1 Lembar Untuk Sd/Mi Menurut Surat Edaran Bernomor 14 Tahun 2019 Versi 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013





Satuan Pendidikan      
 : Sekolah Dasar





Kelas / Semester           :  2 /1





Tema                             :  Hidup Rukun (Tema 1)





Sub Tema                      :  Hidup Rukun di
Rumah (Sub Tema 1) Pembelajaran ke           :  1





Alokasi waktu                :  1 Hari






A. TUJUAN
1.   
 Dengan diberikan teks dongeng wacana hidup rukun yang mengandung ungkapan,
siswa sanggup menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks dongeng tersebut dengan tepat.
2.   
 Dengan
 diberikan  teks
 percakapan  tentang
 hidup  rukun
 yang
 mengandung
ungkapan,
 siswa
 dapat  mengucapkan  ungkapan
 yang
 terdapat
 pada  teks
percakapan tersebut dengan tepat.
3.   
 Dengan
 diberikan  kumpulan
 kubus
 lebih  dari
 100,  siswa  dapat
 menyatakan
kumpulan objek dengan bilangan hingga dengan 999 dengan benar.
4.   
 Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa sanggup membaca lambang
bilangan hingga dengan 999 dengan tepat.
5.     Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup membedakan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat.
6.     Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup menampilkan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat.

F. MEDIA
SUMBER
BELAJAR

      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
    Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 2 dan Buku
Siswa Tema 1 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan
Kebudayaan, 2013).
      Gambar kerukunan keluarga di rumah
    Teks lagu “Peramah dan Sopan”

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
 
Kegiatan Pendahuluan
 Salam dan do’a
 Apersepsi
Kegiatan Inti
 Guru menjelaskan sekitar bahan yang akan dijelaskan
 Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
 Siswa mengamati media pembelajaran wacana bahan yang diajarkan
 Guru mengajukan pertanyaan sekitar bahan yang diajarkan
 Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang
bahan yang diajarkan
 Siswa diberi waktu untuk berdiskusi dengan sesama
anggota kelompoknya
 Guru berkeliling melihat dan membimbing tentang
bahan yang didiskusikannya
 Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
 Guru memberi penguatan wacana balasan siswa
perwakilan kelompok
 Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan
Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan materi
pembelajaran hari ini
 Melakukan refleksi/ tanya jawab, penugasan serta
gosip bahan berikutnya
 Berdo’a

B. KOMPETENSI DASAR
B. indonesia
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks dongeng atau
lagu yang menggambarkan perilaku hidup rukun
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam dongeng atau lagu bawah umur dengan bahasa yang santun
Matematika
Menjelaskan makna bilangan cacah dan memilih lambangnya menurut nilai
daerah dengan memakai model nyata serta cara membacanya
Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya menurut nilai daerah dengan memakai model konkret
SBdP
Mengenal elemen musik melalui lagu
Menirukan elemen musik melalui lagu

C. INDIKATOR
3.1.1 Membedakan ungkapan, ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat
dalam teks dongeng atau lagu yang menggambarkan perilaku hidup rukun
4.1.1 Mempraktikkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam dongeng atau lagu
bawah umur dengan bahasa yang santun
3.1.1 Memahami makna bilangan cacah.
3.1.2 Menyebutkan kumpulan objek dengan bilangan hingga dengan 999 dengan
benar.
4.1.1 Membaca lambang bilangan hingga dengan 999 dengan tepat.
3.2.1  Mengetahui panjang pendek suara pada lagu anak
4.2.1 menampilkan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat.

D. MATERI ESENSI
 Teks bacaan yang di dalamnya terdapat kalimat ungkapan.
 Cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
 Menyanyikan lagu Peramah dan Sopan.
 Berlatih menyatakan bilangan cacah memakai gambar alat peraga kubus.
 Pemahaman mengenai bilangan cacah hingga 999.

E. METODE
Pendekatan               : Scientific
Strategi                      : Cooperative Learning
Teknik                        : Example Non Example
Metode                       : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

H. PENILAIAN
Penilaian   Sikap   :   Observasi 
 selama   kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
a.  Menjawab  pertanyaan
 lisan  tentang
 tata  cara
memperkenalkan diri yang benar.
Penilaian Keterampilan




Mengetahui Kepala Sekolah

……………..
Guru Kelas,

……………….

Belum ada Komentar untuk "✔ Pola Rpp 1 Lembar Untuk Sd/Mi Menurut Surat Edaran Bernomor 14 Tahun 2019 Versi 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel