✔ Pola Rpp 1 Lembar Untuk Sd/Mi Menurut Surat Edaran Bernomor 14 Tahun 2019 Versi 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan
: Sekolah Dasar
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di
Rumah (Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN 1. Dengan diberikan teks dongeng wacana hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa sanggup menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks dongeng tersebut dengan tepat. 2. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat. 3. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan hingga dengan 999 dengan benar. 4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa sanggup membaca lambang bilangan hingga dengan 999 dengan tepat. 5. Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup membedakan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat. 6. Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup menampilkan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat. | F. MEDIA SUMBER BELAJAR Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013). Gambar kerukunan keluarga di rumah Teks lagu “Peramah dan Sopan” |
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN Kegiatan Pendahuluan Salam dan do’a Apersepsi Kegiatan Inti Guru menjelaskan sekitar bahan yang akan dijelaskan Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok Siswa mengamati media pembelajaran wacana bahan yang diajarkan Guru mengajukan pertanyaan sekitar bahan yang diajarkan Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang bahan yang diajarkan Siswa diberi waktu untuk berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya Guru berkeliling melihat dan membimbing tentang bahan yang didiskusikannya Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas Guru memberi penguatan wacana balasan siswa perwakilan kelompok Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan Kegiatan Penutup Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran hari ini Melakukan refleksi/ tanya jawab, penugasan serta gosip bahan berikutnya Berdo’a | |
B. KOMPETENSI DASAR B. indonesia Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks dongeng atau lagu yang menggambarkan perilaku hidup rukun Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam dongeng atau lagu bawah umur dengan bahasa yang santun Matematika Menjelaskan makna bilangan cacah dan memilih lambangnya menurut nilai daerah dengan memakai model nyata serta cara membacanya Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya menurut nilai daerah dengan memakai model konkret SBdP Mengenal elemen musik melalui lagu Menirukan elemen musik melalui lagu | |
C. INDIKATOR 3.1.1 Membedakan ungkapan, ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks dongeng atau lagu yang menggambarkan perilaku hidup rukun 4.1.1 Mempraktikkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam dongeng atau lagu bawah umur dengan bahasa yang santun 3.1.1 Memahami makna bilangan cacah. 3.1.2 Menyebutkan kumpulan objek dengan bilangan hingga dengan 999 dengan benar. 4.1.1 Membaca lambang bilangan hingga dengan 999 dengan tepat. 3.2.1 Mengetahui panjang pendek suara pada lagu anak 4.2.1 menampilkan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat. | |
D. MATERI ESENSI Teks bacaan yang di dalamnya terdapat kalimat ungkapan. Cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa. Menyanyikan lagu Peramah dan Sopan. Berlatih menyatakan bilangan cacah memakai gambar alat peraga kubus. Pemahaman mengenai bilangan cacah hingga 999. | |
E. METODE Pendekatan : Scientific Strategi : Cooperative Learning Teknik : Example Non Example Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah | H. PENILAIAN Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung Penilaian Pengetahuan a. Menjawab pertanyaan lisan tentang tata cara memperkenalkan diri yang benar. Penilaian Keterampilan |
Mengetahui Kepala Sekolah …………….. | Guru Kelas, ………………. |
Belum ada Komentar untuk "✔ Pola Rpp 1 Lembar Untuk Sd/Mi Menurut Surat Edaran Bernomor 14 Tahun 2019 Versi 2"
Posting Komentar