✔ Teladan Rpp Inspiratif Sd/Mi Satu Lembar Kelas Tinggi
Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 wacana Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, ialah tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran menciptakan model RPP inspiratif.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksud kan uuntuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru sanggup menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan penerima didik.
Tujuan
pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan
menjadi ko mpetensi-kompetensi yang akan dicapai penerima didik. Kegiatan
pembelajaran diisi dengan aktivitas-aktivitas sesuai sintaks model
pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Untuk kegiatan
pembelajaran memuat 3 komponen pembelajaran ialah kegiatan pendahuluan, inti
dan penutup.
Kegiatan
pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada
kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah-langkah percobaan. Lang ka
h-langka h percobaan tersebut sanggup dituliskan dalam buku panduan praktikum.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK KELAS
TINGGI
Nama Sekolah
:
…………………………………………
Tahun
Pelajaran : …………………………………………
Periode : …………………………………………
Guru Kelas :
…………………………………………
TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Mengidentifikasi dan menyajikan hasil
identifikasi tentang karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ laut dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan sosial,
dan budaya, komunikasi serta transportasi - Mengklasifikasi dan menyajikan hasil
klasifikasi gosip yang didapat dari
berbagai media ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana memakai kosa kata baku. - Menjelaskan dan menyajikan karya wacana konsep
organ pencernaan insan dan fungsinya serta cara memelihara kesehatan organ
pencernaan manusia.
LANGKAH
KEGIATAN
- Mengamati peta Indonesia/globe (letak daerah,
kekayaan sumber daya alam, karakteristik). - Mengenal budaya daerah/lokal (mengaitkan ke
keragaman budaya Nusantara). - Berdiskusi wacana Kebutuhan kuliner sehat bagi
manusia. - Mencari gosip wacana jenis sayuran dan
buah-buahan yang baik untuk organ pencernaan. - Mencari gosip tentang jenis penyakit akikbat pola makan tidak sehat
dengan 5W1H (jenis penyakit apa……mengapa itu terjadi……siapa saja yang
terkena? bagaimana pencegahannya? bagaimana pengobatannya? di manakah sering
ditemukan penyakit tersebut?). - Menonton tayangan wacana sistem pencernaan
manusia. - Menggambar
organ dan fungsi sistem
pencernaan manusia. - Menjelaskan organ dan fungsi sistem pencernaan manusia.
- Pengenalan cara-cara mengkampanyekan (makan
makanan sehat, makan pangan lokal, budaya bersih) dengan bahasa yang benar. - Mengkampanyekan
hidup sehat (makan kuliner sehat, makan pangan lokal, budaya bersih).
REFLEKSI DAN
KONFIRMASI
(Refleksi
pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui
ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan)
PENILAIAN
- Pemahaman wacana organ pencernaan dan fungsinya
(keterampilan dan pengetahuan : gambar sistem pencernaan dan
presentasinya/penjelasan, sikap: kepercayaan diri, mencari lebih dari 2 sumber
informasi) - laporan karakteristik daerah, sumber daya
alamnya(pengetahuan: hasil data, keterampilan : penyajian data yang menarik,
sikap : ketekunan dan daya juang mencari data) - Kemampuan menulis laporan wacana budaya tempat yang terkait tentang
makanan/kuliner - Menuliskan hasil analisis 5 W1H dari 2 artikel
tentang kuliner sehat - Kemampuan melaksanakan kampanye (makan makanan
sehat, makan pangan lokal, budaya bersih) dengan pertanda produk/unjuk kerja.
Mengetahui, Kepala Sekolah ………………………………… | Surabaya……………. 2010 Guru Kelas, …………………… |
Belum ada Komentar untuk "✔ Teladan Rpp Inspiratif Sd/Mi Satu Lembar Kelas Tinggi"
Posting Komentar