✔ Teladan Rpp Inspiratif Sd/Mi Satu Lembar Kelas Tinggi


Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 wacana Penyeder­hanaan RPP menjadi tiga kom­ponen, ialah tujuan, lang­kah-langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran menciptakan model RPP inspiratif.





Menindaklanjuti




Rencana Pelaksa­naan Pembelajaran (RPP) ini di­maksud kan uuntuk memberi­kan guru kebebasan berekspre­si dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksa­naannya guru sanggup menye­suaikan RPP dengan kondisi kelas dan penerima didik.





Tujuan
pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan
menjadi ko mpetensi-kompetensi yang akan dicapai penerima didik. Kegiatan
pembelaja­ran diisi dengan aktivi­tas-aktivitas sesuai sintaks model
pembelajaran untuk mencapai kompe­tensi yang telah ditentu­kan. Untuk kegiatan
pem­belajaran memuat 3 kom­ponen pembelajaran ialah kegiatan pendahuluan, inti
dan penutup.





Kegia­tan
pembelajaran perlu dilengkapi dengan doku­men pendukung, contohn­ya pada
kegiatan perco­baan perlu dilengkapi dengan langkah-langkah percobaan. Lang ka
h-lang­ka h percobaan tersebut sanggup dituliskan dalam buku panduan praktikum.





RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





TEMATIK KELAS
TINGGI





Nama Sekolah
                  :
…………………………………………





Tahun
Pelajaran                : …………………………………………





Periode                                : …………………………………………





Guru Kelas                          :
…………………………………………





TUJUAN
PEMBELAJARAN





  1. Mengidentifikasi dan menyajikan hasil
    identifikasi tentang  karakteristik
    geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ laut dan agraris serta
    pengaruhnya terhadap kehidupan  sosial,
    dan budaya, komunikasi serta transportasi
  2. Mengklasifikasi dan menyajikan hasil
    klasifikasi  gosip yang didapat dari
    berbagai media ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
    bagaimana memakai kosa kata baku.
  3. Menjelaskan dan menyajikan karya wacana konsep
    organ pencernaan insan dan fungsinya serta cara memelihara kesehatan organ
    pencernaan manusia.




LANGKAH
KEGIATAN





  1. Mengamati peta Indonesia/globe (letak daerah,
    kekayaan sumber daya alam, karakteristik).
  2. Mengenal budaya daerah/lokal (mengaitkan ke
    keragaman budaya Nusantara).
  3. Berdiskusi wacana Kebutuhan kuliner sehat bagi
    manusia.
  4. Mencari gosip wacana jenis sayuran dan
    buah-buahan yang baik untuk organ pencernaan.
  5. Mencari gosip tentang  jenis penyakit akikbat pola makan tidak sehat
    dengan 5W1H (jenis penyakit apa……mengapa itu terjadi……siapa saja yang
    terkena? bagaimana pencegahannya? bagaimana pengobatannya? di manakah sering
    ditemukan penyakit tersebut?).
  6. Menonton tayangan wacana sistem pencernaan
    manusia.
  7. Menggambar 
    organ dan  fungsi sistem
    pencernaan manusia.
  8. Menjelaskan organ dan  fungsi sistem pencernaan manusia.
  9. Pengenalan cara-cara mengkampanyekan (makan
    makanan sehat, makan pangan lokal, budaya bersih) dengan bahasa yang benar.
  10. Mengkampanyekan 
    hidup sehat (makan kuliner sehat, makan pangan lokal, budaya bersih).




REFLEKSI DAN
KONFIRMASI





(Refleksi
pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui
ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan)





PENILAIAN





  1. Pemahaman wacana organ pencernaan dan fungsinya
    (keterampilan dan pengetahuan : gambar sistem pencernaan dan
    presentasinya/penjelasan, sikap: kepercayaan diri, mencari lebih dari 2 sumber
    informasi)
  2. laporan karakteristik daerah, sumber daya
    alamnya(pengetahuan: hasil data, keterampilan : penyajian data yang menarik,
    sikap : ketekunan dan daya juang mencari data)
  3. Kemampuan menulis laporan  wacana budaya tempat yang terkait tentang
    makanan/kuliner
  4. Menuliskan hasil analisis 5 W1H dari 2 artikel
    tentang kuliner sehat
  5. Kemampuan melaksanakan kampanye (makan makanan
    sehat, makan pangan lokal, budaya bersih) dengan pertanda produk/unjuk kerja.





Mengetahui,
Kepala Sekolah
 
 
…………………………………
Surabaya……………. 2010 Guru Kelas,     ……………………

Belum ada Komentar untuk "✔ Teladan Rpp Inspiratif Sd/Mi Satu Lembar Kelas Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel