✔ Rujukan Rpp Inspiratif Smp/Mts Satu Lembar


Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 wacana Penyeder­hanaan RPP menjadi tiga kom­ponen, yakni tujuan, lang­kah-langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran menciptakan model RPP inspiratif.





Menindaklanjuti




Rencana
Pelaksa­naan Pembelajaran (RPP) ini di­maksud kan uuntuk memberi­kan guru
kebebasan berekspre­si dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam
pelaksa­naannya guru sanggup menye­suaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta
didik.





Tujuan
pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan
menjadi ko mpetensi-kompetensi yang akan dicapai akseptor didik. Kegiatan
pembelaja­ran diisi dengan aktivi­tas-aktivitas sesuai sintaks model
pembelajaran untuk mencapai kompe­tensi yang telah ditentu­kan. Untuk kegiatan
pem­belajaran memuat 3 kom­ponen pembelajaran yakni kegiatan pendahuluan, inti
dan penutup.





Kegia­tan
pembelajaran perlu dilengkapi dengan doku­men pendukung, contohn­ya pada
kegiatan perco­baan perlu dilengkapi dengan langkah-langkah percobaan. Lang ka
h-lang­ka h percobaan tersebut sanggup dituliskan dalam buku panduan praktikum.





RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





Nama Sekolah
                  :
SMP





Tahun
Pelajaran                : IPA Terpadu





Periode                                : …………………………………………





Tujuan Pembelajaran





  1. Mengumpulkan data perbedaan antara air minum dan
    air tercemar.     
  2. Merancang alat penyaring sederhana untuk air
    tercemar berdasarkan sifat-sifat air.
  3. Menuliskan gagasan untuk mengatasi pencemaran
    air di lingkungan berdasarkan prinsip pemisahan campuran.




Kegiatan Pembelajaran





Pendahuluan





Guru menyapa
peserta didik. Peserta didik dikelompokkan dan menyimak gosip tentang
tujuan pembelajaran.





Kegiatan Inti





  1. Melihat   dan menafsirkan ilustrasi
    pencemaran air dan menyimpulkan imbas terhadap ekosistem.
  2. Menyimpulkan   kaitan antara kemurnian air
    sebagai senyawa dengan pencemaran air sebagai campuran.
  3. Menganalisis   dan menyimpulkan 
    perbedaan antara dua wadah berisi air.
  4. Membuat   alat penyaring dengan menggunakan
    bahan-bahan yang tersedia secara singkat.
  5. Membuat  alat penyaring air sederhana dalam
    kelompok. Menguji  secara berkesinambungan alat/sistem filtrasinya dan
    mengevaluasi untuk hasil terbaik dengan santunan guru Melakukan   sesi
    tanya jawab terkait prototipe dan rasional pemilihan media.
  6. Menyiapkan hasil karya
    (poster/infografis/video/ppt) untuk mengaplikasikan prinsip penyaringan dalam
    kaitannya dengan pencemaran air dan imbas terhadap ekosistem. Mempresentasikan
      hasil penyaringan dan bagaimana mengaplikasikan prinsip penyaringan
    secara singkat di depan kelas disertai sesi tanya jawab dengan santun dan ilmiah.




Penutup





Membandingkan
 hasil penyaringan dan melaksanakan penilaian singkat





Refleksi dan konfirmasi





Membandingkan
 hasil penyaringan dan melaksanakan penilaian singkat





Penilaian





Tabel
Pengambilan Data oleh akseptor didik Rubrik penilaian produk





Rubrik
penilaian presentasi






Mengetahui,
Kepala Sekolah
 
 
…………………………………

Surabaya……………. 2020
Guru Kelas,
 
 
……………………

Belum ada Komentar untuk "✔ Rujukan Rpp Inspiratif Smp/Mts Satu Lembar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel