✔ Pola Rpp Inspiratif Sma/Ma Satu Lembar
Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 wacana Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, adalah tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran menciptakan model RPP inspiratif.

Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksud kan uuntuk memberikan guru
kebebasan berekspresi dalam melakukan proses pembelajaran. Dalam
pelaksanaannya guru sanggup menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta
didik.
Tujuan
pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan
menjadi ko mpetensi-kompetensi yang akan dicapai penerima didik. Kegiatan
pembelajaran diisi dengan aktivitas-aktivitas sesuai sintaks model
pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Untuk kegiatan
pembelajaran memuat 3 komponen pembelajaran adalah kegiatan pendahuluan, inti
dan penutup.
Kegiatan
pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada
kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah-langkah percobaan. Lang ka
h-langka h percobaan tersebut sanggup dituliskan dalam buku panduan praktikum.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
:
SMA
Tahun
Pelajaran : Geografi
Periode : …………………………………………
Tujuan Pembelajaran
- Menganalisis
dinamika kependudukan di Indonesia untuk perencanaan pembangunan - Menyajikan data kependudukan dalam bentuk peta,
tabel, grafik, dan/atau gambar
Kegiatan Pembelajaran
Menganalisis
Perdagangan Manusia di Indonesia (pertemuan I)
- Membentuk kelompok yang terdiri atas 4 orang.
- Memperhatikan video yang disajikan guru tentang
migrasi penduduk. - Berdiskusi wacana pengertian migrasi penduduk
dan kedudukannya dalam geografi menurut tayangan video dan pengetahuan
siswa. - Mencari isu wacana jenis dan penyebab
migrasi penduduk. - Memfokuskan diri pada fenomena perdagangan
manusia melalui pertanyaan-pertanyaan pemandu yang diberikan guru. - Menyimak video wacana perkara perdagangan manusia
di Indonesia. - Membagi kelompok wilayah kajian ibarat Jawa,
Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua. - Menentukan pertanyaan utama dan
variabel-variabel yang berkaitan dengan perdagangan manusia.
Menganalisis
Perdagangan Manusia di Indonesia (pertemuan II)
- Mencari definisi dan sebab-sebab terjadinya
perdagangan insan di Indonesia dari aneka macam sumber. - Mencari data statistika wacana perdagangan
manusia yang terjadi di Indonesia dalam kurun waktu 10-20 tahun terakhir. - Mengolah data dan isu dari aneka macam sumber
menjadi peta perdagangan manusia. - Menganalisis hasil peta mereka dan membuat
materi presentasi. - Mempresentasikan hasil kerja tiap kelompok dalam
diskusi kelompok. - Merangkum hasil kerja tiap kelompok sehingga
mendapat citra keseluruhan wacana perdagangan insan di Indonesia. - Menyimpulkan hasil analisis perdagangan penduduk..
- Melakukan refleksi mengenai aktivitas
pembelajaran yang sudah dilakukan. - Memperhatikan penguatan wacana ekspansi kajian
kependudukan dalam geografi.
Refleksi dan
konfirmasi
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan
refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
Penilaian
Pengetahuan
Mengorelasikan wacana jenis dan penyebab migrasi penduduk
dengan perdagangan insan di Indonesia
Keterampilan
- Menyusun makalah terkait perdagangan insan di
Indonesia. - Membuat peta perdagangan insan di Indonesia
kurun waktu 20 tahun terakhir. - Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Sikap
Observasi
sikap disiplin dan tanggung jawab.
Mengetahui, Kepala Sekolah ………………………………… | Surabaya……………. 2020 Guru Kelas, …………………… |
Belum ada Komentar untuk "✔ Pola Rpp Inspiratif Sma/Ma Satu Lembar"
Posting Komentar